Saturday, 22 September, 2018 - 05:52

Telkom Sambut Baik Program SMN

Peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) Bangka Belitung melakukan sesi foto bersama dengan pimpinan dan karyawan PT Telkom Indonesia Cabang Palu. (Foto: Fikri Alihana/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.com - Demi memperkenalkan budaya di setiap daerah di Indonesia dengan melaksanakan program Siswa Mengenal Nusantara (SMN). PT Telkom Sulawesi Tengah menyambut baik program yang diadakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Pimpinan PT Telkom Indonesia Cabang Palu, Mohamad Jusar mengatakan kegiatan ini merupakan program tahunan dari pihak Kementrian BUMN. Sedangkan, kegiatan tersebut sangat membantu dengan menumbuhkan rasa cinta siswa kepada tanah air melalui program tersebut.

"Setiap mendekati 17 agustus pasti akan terus dilaksanakan program ini. Kami selalu membantu dan sangat mengapresiasi dengan adanya kegiatan ini karena semua program dari BUMN kami selalu dukung apalagi terkait dengan pengenalan budaya," kata Muhamad Jusar, Rabu (15/8).

Dia berharap, melalui program ini adik-adik peserta SMN akan lebih terpacu untuk menggali informasi, menimba ilmu dan berbagi dengan pelajar yang lain serta masyarakat luas. Pihaknya mendukung program tersebut agar ke depan para siswa bisa mempraktekan Digital Mindset, yakni pola pikir untuk dapat mengakses dan memanfaatkan informasi yang tersedia dari seluruh dunia sehingga dapat memberikan nilai baik bagi diri sendiri maupun lingkungan sekitar.

"Kami adalah bagian dari bangsa Indonesia tentunya senantiasa berupaya untuk mendukung kemajuan bangsa yang di mulai dengan meningkatkan kualitas generasi muda berprestasi. Selain itu, jangan pernah merasa puas dengan prestasi yang telah diraih saat ini," ujarnya.

Proram yang diadakan sejak tahun 2015 ini mendapat respon posotif dari kunjungan di beberapa tempat di Sulawesi Tengah. Kegiatan tersebut merupakan program nasional dan baru tahun ini wilayah Sulteng mendapat kesempatan ikut dalam program tersebut. Acara diadakan di rumah kreatif BUMN milik PT Telkom cabang Palu Jalan KH Ahmad Dahlan.

"Indonesia itu begitu besar dan begitu kaya, banyak generasi muda yang tidak tahu tentang budaya Indonesia dengan 17.000 pulau dengan beragam budaya yang harus kita jaga dan lestarikan. Kami sangat bergantung dengan adanya kegiatan ini agar mereka bisa menjaga keutuhan NKRI," tandasnya.

Sementara ia menegaskan keterlibatan PT.Telkom dalam program ini merupakan bagian dari kepedulian perusahaan dalam menggali potensi generasi muda. Sedangkan, peserta yang mengikuti kegiatan tersebut merupakan siswa berprestasi dari provinsi Bangka Belitung. Sebanyak 23 peserta yang berkunjung ke Sulteng, tiga diantaranya merupakan siswa yang berkebutuhan khusus.

"Sejak dari tanggal 10 sampai dengan 19 agustus mereka berada di Palu untuk mengunjungi beberapa serangkaian kunjungan dan aktivitas. Seperti kunjungan di desa Watunonju Kabupaten Sigi, di Desa Metauwe yng ada di Kulawi, kunjungan di Lanal Palu dan terakhir mengikuti upacara di tugu perdamaian," katanya.

Dia menambahkan, selain mengenalkan budaya di Sulawesi Tengah dalam program tersebut juga para peserta berkesempatan mengunjungi beberapa pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) dan Usaha Kecil Menengah (UKM) binaan PT Telkom Indonesia cabang Palu.

"Kami selain memberikan akses internet dan perpustakaan digital untuk menambah dan membuka wawasan yang lebih bagi siswa agar bisa kompetitif khususnya dalam menghadapi persaingan global. Kami juga mengajarkan kepada mereka bagaimana caranya menjadi pengusaha yang handal di bidangnya apalagi terkait dengan usaha mikro," tambahnya.


Editor: Pataruddin