Saturday, 22 September, 2018 - 09:43

Telkom Tingkatkan Produk Pemasaran UKM dan UMKM Melalui RKB

General Manager Telkom Wilayah Sulteng, Muhammad Jusran, usai menerima kunjungan peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) yang berkunjung ke RKB di jalan KH Ahmad Dahlan. (Foto: Fikri Alihana/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.com - Melalui rumah kreatif milik BUMN (RKB) yang dikelolah oleh PT. Telkom Indonesia cabang Palu, meningkatkan produk pemasaran usaha kecil menengah (UKM) maupun usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Sulawesi Tengah.

General Manager Telkom Wilayah sulteng, Muhammad Jusran menjelaskan bahwa RKB adalah program Kementrian BUMN yang merupakan rumah bersama untuk berkumpul, belajar dan membina para pelaku UKM maupun UKM menjadi pengusaha yang berkualitas. Sedangkan, sebagai penggagas utama RKB ialah Komisaris Utama PT. Telkom Indoesia, Hendri Saparini.

“Ini merupakan program Telkom yang diluncurkan pemerintah sejak diresmikan 2017 kemarin sudah ada ribuan UMKM dan UKM di Sulawesi Tengah yang dikembangkan dan dibina oleh kami dalam rumah kreatif milik BUMN ini,” jelasnya, Rabu (15/8) usai menerima kunjungan peserta siswa mengenal nusantara (SMN).
 
Menurutnya, program ini sangat membantu para pelaku bisnis dalam meningkatkan kualitas stndarisasi produk dan pemanfaatan digital dalam pengembangan usaha seperti memanfaatkan situs e-commerce blanja.com sebagai etalase online produk-produk UKM dan UMKM. Selain itu, RKB tersbut difasilitasi pustaka digital, WIFI bagi pengunjung dan market list blanja.com.

“Para pelaku usaha dapat memiliki kemampuan dan kesempatan untuk memasarkan produk-produk mereka ke pasar global secara borderless. Sehingga mereka dapat mendorong tumbuhnya perekonomian Indonesia khususnya di Sulteng melalui sektor UMKm dan UKM seiring dengan tumbuhnya pemanfaatan ICT oleh masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, Rumah Kreatif BUMN akan mendampingi dan mendorong para pelaku UKM dan UMKM dalam menjawab tantangan utama pengembangan usaha dalam hal peningkatan kompetensi, peningkatkan akses Pemasaran dan kemudahkan akses permodalan.

“Program ini adalah rumah bersama para pelaku usaha sehingga mesti dimanfaatkan dengan baik. Jika produk yang dihasilkan berkualitas dan didukung sarana dan fasilitas pemasaran yang memadai, niscaya semakin banyak konsumen yang membeli termasuk dari luar negeri,” katanya.
 
Dia menambahkan, RKB menjadi salah satu upaya seluruh BUMN untuk mengembangkan UMKM dan UKM di Tanah Air khususnya di Sulawesi Tengah dan masingmasing daerah harus memiliki keunikan serta ciri khas tersendiri yang mampu mencuri perhatian wisatawan yang berkunjung ke daerah ini.

“Sulawesi Tengah terkenal dengan tenun Donggala, kerajinan ebony dan juga bawang goreng, itu harus dikemas dengan bagus mungkin seperti menciptakan desain kain tenun yang khas dan hanya dimiliki oleh Kota Palu saja, begitu pula dengan kerajinan ebony dan bawang goreng yang memiliki keunggulan masing-masing,” tambahnya.


Editor: Pataruddin