Wednesday, 20 June, 2018 - 16:59

Terapkan KTR, Sigi Dapat DBH Pajak, dr Sofyan Mailili: Saya Tak Tahu Besarannya

dr Sofyan Mailili. (Foto: Firmansyah/ Metrosulawesi)

Sigi, Metrosulawesi.com – Kabupaten Sigi mendapat alokasi dana bagi hasil (DBH) pajak rokok dari Kementerian Kesehatan. Sayangnya Kadis Kesehatan Sigi mengaku tidak tahu jumlahnya.

Pemkab Sigi menerapkan peraturan daerah (Perda) kawasan tanpa rokok (KTR). Atas dasar itu kemudian Kemenkes memberikan penghargaan Pastika Parahita. Antara lain berupa alokasi DBH pajak rokok.

Kepala Dinkes Sigi, dr Sofyan Mailili, membenarkan Sigi menerima alokasi DBH pajak rokok dari Kemenkes itu. Namun, kata dia, besaran jumlah ia tidak mengetahuinya dengan pasti.

“Saya lupa betul kisaran berapa DBH pajak rokok Sigi itu. Nanti tanya dengan Ibu Maryam, ya, karena dia tahu persis jumlahnya,” ungkap dr Sofyan kepada wartawan, Selasa, 5 Juni 2018.

Dia menambahkan, alokasi DBH pajak rokok Sigi dipastikannya ada sejak tahun 2 lalu. Namun yang mengetahui lebih jelas  terkait anggaran itu, yakni Maryam selaku staf di Dinkes Sigi.

“Nanti coba ketemu dengan Ibu Maryam. Karena dia tahu persis berapa alokasi DBH pajak rokok ini,” ungkapnya lagi.

Menurutnya, alokasi DBH pajak rokok itu digunakan salah satunya kegiatan Posyandu di puskesmas. Kemudian, ada pula program lain, seperti rapat evaluasi pembentukan dan pelatihan tentang konseling berhenti merokok.

“Jadi di Puskesmas juga melayani masyarakat ingin berhenti merokok. Puskesmas bisa melayani silakan berobat di sana,” jelasnya.

Menurutnya lagi, program bebas rokok melibatkan instansi lain, dimana keamanan libatkan Satpol-PP dalam menerapkan Perda KTR. Kemudian sektor Pendidikan juga libatkan sekolah, untuk mengkampanyekan ke siswa bahwa di sekolah dilarang keras merokok.

“Begitu pun dengan aset Pemkab Sigi lainnya, kantor dan rumah sakit tidak boleh merokok sama sekali,” pungkasnya.


Editor: Syamsu Rizal

Tags: