Saturday, 21 October, 2017 - 20:06

Tetap Fit di Bulan Ramadan

ILUSTRASI - Ramadan lancar, kesehatan tetap terjaga. (Grafis : Ist)

Palu, Metrosulawesi.com - Bulan puasa, bulan penuh berkah dan ampunan sudah di depan mata. Menjaga tubuh agar selalu sehat dan bugar ketika menjalankan puasa Ramadhan akan memberikan kesempatan untuk meraih pahala sebanyak-banyaknya.

Dengan berpuasa kita harus yakin akan menambah kesehatan kita, salah satu alasannya, organ tubuh akan diberi kesempatan untuk beristirahat, setelah sekian bulan terus menerus bekerja. Pada saat organ beristirahat, sel dan jaringan tubuh melakukan regenerasi sehingga sel tubuh terus mengalami pembaharuan dan sel dalam jaringan tubuh yang terus mengalami pembaharuan menjadikan tubuh selalu segar dan bugar.

Selama berpuasa terjadi perubahan fisiologis tubuh akibat perubahan jam makan. Puasa memberi kesempatan hati dan organ pencernaan lain untuk istirahat. Selama puasa, tidak ada makanan yang masuk selama ± 14 jam, sehingga memberi kesempatan hati dan organ pencernaan lain untuk istirahat.

Dengan tidak makan selama beberapa jam, sudah pasti usus besar menjadi lebih santai sehingga bisa beristirahat sejenak, stress dan depresi berkurang, usus akan mengecil karena tak ada makanan yang masuk selama belasan jam, melindungi otot dan menjaga keseimbangan metabolik, menurunkan risiko seseorang dari penyakit arteri koroner dan diabetes, membantu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) sehingga kondisi ini akan mengurangi faktor risiko dari penyakit jantung koroner serta mengontrol tekanan darah tinggi. Namun puasa juga dapat menyebabkan munculnya bau mulut serta terjadi peningkatan asam lambung pada minggu pertama puasa.

Berikut beberapa tips agar puasa kita tetap bugar dan fit setiap hari: makanlah makanan yang sehat, dengan komposisi yang seimbang dan jangan makan dalam jumlah yang berlebihan, minumlah air putih secukupnya. Hindari minuman berkafein dan manis agar tidak mudah dehidrasi. Konsumsi banyak buah segar dan beberapa buah kering untuk mencegah hilangnya elektrolit. Batasi gorengan dan makanan manis. Cobalah pencuci mulut berupa buah. Walaupun puasa, tetap lakukan latihan yang ringan dan batasi latihan yang berat saat tidak di waktu puasa. Membersihkan mulut berguna untuk menjaga kesehatan gigi dan menyegarkan napas saat puasa. Tidur cukup (tidur siang jika memungkinkan) dan makan sehat, diet seimbang untuk membantu mencegah tubuh lemah dan kelelahan selama Ramadhan. 

Untuk itu, Dalam rangka menyambut kedatangan bulan suci Ramadhan ini Laboratorium Klinik Prodia memberikan promo pemeriksaan paket Ramadhan sebesar 15% yang bisa Anda nikmati selama 22 Mei sampai 30 Juni 2017 di Laboratorium Klinik Prodia Palu. Informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi laboratorium klinik Prodia Palu, Jl. S. Parman No. 16, Palu (0451-451639 atau 082291672222). (Adv/Ikl)

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.