Saturday, 22 September, 2018 - 09:37

Tiga Parpol Gugat KPU Palu

Munirah. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.com - KPU Kota Palu telah mengumumkan Daftar Caleg Sementara (DCS) untuk DPRD Kota Palu. Dalam berita acara DCS, terdapat tiga partai yang Bacalegnya dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS) yakni Partai Persatua Pembangunan (PPP), Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan Partai Berkarya.

Anggota Bawaslu Kota Palu, Munirah, Senin 13 Agustus mengatakan, ketiga partai itu sudah mendaftarkan gugatan ke Bawaslu Kota Palu, hanya saja belum diregistrasi karena syarat materil dan formil belum lengkap.

Bawaslu memberikan waktu tiga hari bagi partai yang mengajukan gugatan sengketa Pemilu untuk melengkapi syarat formil materil. Bila semua syarat terpenuhi, maka Bawaslu akan meregister dan terhitung sejak itu penyelesaian sengketa Pemilu harus selesai maksimal 12 hari kedepan.

“Sebelum masuk sidang adjudikasi, terlebih dulu dilakukan mediasi, waktu mediasi selama dua hari. Bila dalam mediasi tidak ada jalan keluar, maka dilanjutkan dengan sidang adjudikasi,” ujar Munirah.

Hingga kemarin, belum satupun partai politik yang mengajukan gugatan diregistrasi di Bawaslu Kota Palu. Bila batas waktu tiga hari tak kunjung dipenuhi oleh partai politik melengkapi syarat formil materil, Bawaslu tidak bisa melaksanakan mediasi maupun sidang adjudikasi.

Sebegaimana diberitakan sebelumnya, di Kota Palu terdapat tiga partai politik yang Bacalegnya masi dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS) yakni PPP, PSI dan Berkarya. Untuk PPP sebanyak dua Bacaleg TMS, PSI terdapat 24 Bacaleg TMS dan Berkarya sebanyak 11 Bacaleg TMS.

Semua Bacaleg TMS itu tidak masuk dalam Daftar Caleg Sementara (DCS) yang ditetapkan oleh KPU Kota Palu. Bila nanti dalam gugatan partai tersebut dinyatakan menang, barulah KPU memasukkannya dalam DCS.