Saturday, 22 September, 2018 - 09:38

Tiga Perusahaan BUMN Fasilitasi Program SMN di Sulteng

Terlihat sesi foto bersama peserta SMN 2018 asal Bangka Belitung. (Foto: Fikri Alihana/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.com – Tiga perusahan milik Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memfasilitasi program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) di Provinsi Sulawesi Tengah. Sebanyak 23 Siswa-Siswi SMA, SMK maupun SLB asal Kepulauan Bangka Belitung terpilih mendapat kesempatan belajar dan mengenal berbagai pengetahuan budaya di Sulawesi Tengah.

“20 adalah reguler siswa dan siswi SMA dan SMK, sedangkan 3 dari sekolah luar biasa (SLB) yang ada di Kepulauan Bangka Belitung. Tetapi, tiga orang yang istimewah berkebutuhan khusus berkomunikasi melalui bahasa isyarat yang mana mengajarkan kepada teman-temannya yang normal agar mereka bisa saling memahami dan menghargai satu sama lain. Di situlah kegiatan ini bersifat positif sekali di mana anak –anak bisa belajar hal yang baru,” ungkap Heni Pusbintari CSR PT Wijaya Karya (Persero) Tbk sekaligus Koordinator Siswa Mengenal Nusantara (SMN), Rabu(14/8).

Ia menjelaskan program SMN merupakan rangkaian Kegiatan program BUMN Hadir Untuk Negeri yang digagas Kementerian BUMN, dalam rangka Hari Ulang Tahun Republik Indonesia. Tahun ini, PIC berkolaborasi dengan BUMN lainnya, yaitu PT Wijaya Karya, Airnav Indonesia dan PT Biro Klasifikasi Indonesia yang juga memfasilitasi kegiatan serupa di Kepulauan Bangka Belitung.

“Melalui Program Siswa Mengenal Nusantara, PIC menjalankan perannya sebagai agen pemelihara semangat Kebhinekaan, serta perekat rasa kebangsaan di antara generasi muda dalam menjaga persatuan dan kesatuan,” jelasnya.

Dia menuturkan di Jakarta, launching program SMN tahun 2018 sekaligus pelepasan siswa-siswi peserta SMN telah dilakukan. Di Sulawesi Tengah, para peserta mendapat Kesempatan mengenal lebih dekat aktivitas dan melihat proses bisnis kewirausahaan di Kota Palu. Selain itu, siswa-siswi juga diberikan pelatihan tentang jurnalistik sebagai pembekalan dalam penuIisan diary Siswa Mengenal Nusantara dan berkesempatan mengunjungi Rumah Kreatif BUMN (RKB) yang dikelolah oleh PT Telkom Wilayah Sulteng tepatnya di jalan KH Ahmad Dahlan.

“Sebelumnya, mereka juga mengikuti kegiatan bersama TNI di Markas Komando Pangkalan TNI Angkatan Laut (Mako Lanal) di Kelurahan Watusampu Kecamatan Ulujadi. Para peserta mendapatkan materi tataran dasar bela negara, cerita nusantara kami dan kebijakan pertahanan negara, yang dikemas secara menarik dan interaktif pada senin kemarin,” tuturnya.
 
Dia mengungkapkan selama berada di Sulteng, peserta SMN juga diantar untuk mengenalkan budaya dan tradisi lokal yang ada di Desa Mataue Kecamatan Kulawi yang mana para peserta diterima secara adat oleh Ketua Dewan Adat di desa tersebut. Serta, disambut dengan Tari Rego atau tari penyambutan dan upacara adat Pantodui atau upacara khusus bagi orang yang baru menginjakkan kaki di wilayah itu. Kemudian, lanjut berkunjung di Desa Watunonju, maupun mengunjungi Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) yang ada di Kecamatan Marawola Kabupaten Sigi.

“Selasa kemarin kami berkunjung ke Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) yang ada di Kecamatan Marawola Kabupaten Sigi. Dalam kunjungan itu, peserta SMN 2018 asal Bangka Belitung diajak melihat,mengenal dan belajar keterampilan yang dimiliki siswa dan siswi SLBN Marawola seperti tata rias, tata boga, perbengkelan dan menjahit,” ungkapnya.

Selanjutnya, tanggal 17 Agustus, siswa-siswi asal Kepulauan Bangka Belitung itu akan mengikuti upacara bendera 17 Agustus tepatnya di Tugu Perdamaian sebagai puncak acara, serta ikut meramaikan pesta rakyat bersama warga dan sejumlah instansi pemerintahan di Kota Palu.


Editor: Pataruddin

Berita Terkait