Friday, 17 August, 2018 - 17:11

Tiga SMAN di Luwuk Terapkan PPDB Online

Irwan Lahace. (Foto: Dok Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.com - Sebanyak tiga Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) di Luwuk, Kabupaten Banggai, melaksanakan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) secara online. Ketiga sekolah tersebut adalah SMAN 1 Luwuk, SMAN 2 Luwuk, dan SMAN 3 Luwuk.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sulteng, Irwan Lahace, menuturkan, secara infrastruktur tiga SMAN di Luwuk tersebut sudah memadai untuk melaksanakan PPDB secara online. Sehingga, penerapan sistem zonasi di daerah tersebut bisa lebih efisien dan tepat sasaran.

“Dengan begitu, pendaftar yang membeludak di tiga SMAN tersebut bisa tereliminasi berdasarkan zonasi tempat tinggal calon peserta didik tersebut. Luwuk memiliki sedikit karakter yang berbeda dari kabupaten yang lainnya, sehingga, kami mendorong agar ketiga sekolah tersebut bisa melaksanakan PPDB secara online,” katanya, Kamis, 31 Mei 2018.

Sementara itu, kata dia, untuk Kota Palu PPDB tidak secara merata menggunakan zonasi. Sebab, aturan tersebut masih dalam proses pemetaan dan melakukan roling terhadap tenaga pengajar, agar pengajar-pengajar yang berkompetensi tinggi bisa merata di Sekolah-sekolah negeri. Dengan begitu, SMAN Kota Palu bisa menerapkan zonasi secara utuh.

Saat ini, kata dia, pihaknya masih terus berupaya untuk melakukan pemerataan tersebut. Walaupun PPDB belum dilakukan secara merata, namun sekolah diberi arahan agar tetap memprioritaskan pendaftar yang berada di sekitar lingkungan sekolah tersebut.


Editor: Syamsu Rizal