Thursday, 20 September, 2018 - 03:15

Timsel Sosialisasi Penerimaan Anggota Bawaslu Parimo

Parimo, Metrosulawesi.com – Tim Seleksi (Timsel) Anggota Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) melakukan sosialisasi penerimaan anggota Bawaslu kabupaten/kota yang akan dimulai 28 Juni hingga 4 Juli 2018 mendatang,

Hal tersebut diungkapkan Kasman Jaya Saad yang juga salah satu Timsel, kepada Metrosulawesi di Sekretariat Panwaslu Parimo, Senin 25 juni 2018.

Dia mengatakan, bahwa pihaknya diberikan mandat oleh Bawalu RI untuk melakukan seleksi anggota Bawaslu. Karena nantinya panitia pengawas Pemilu akan permanen menjadi lembaga Bawaslu kabupaten, seperti KPU.

"Sehingga seluruh masyarakat yang memiliki kapasitas mempunyai peluang untuk menjadi anggota Bawaslu kabupaten, karena jumlahnya akan bertambah menjadi lima orang sesuai dengan regulasi yang diatur. Dan kami juga sudah melakukan sosialisasi tentang jadwal rekrutmen serta tahapan seleksi. Kami berharap pada masyarakat Parimo yang memiliki kapasitas serta memenuhi syarat agar segera mendaftarkan diri," terangnya.

Kasman mengatakan,  pendaftaran yang laksanakan di Kabupaten Parimo berlaku umum. Mereka yang sudah duduk sebagai anggota Panwaslu Parimo saat ini juga harus mendaftar bila ingin menjadi anggota Bawaslu. Hanya saja bedanya, mereka tidak lagi melalui proses seleksi berkas.

"Karena mekanismenya dari seluruh pendaftaran akan ada 10 orang, yang diterima oleh Timsel untuk disampaikan ke Bawaslu RI, tiga di antaranya adalah tiga orang anggota Panwaslu saat ini," tuturnya.

Ia menambahkan, untuk menetapkan lima anggota Bawaslu Kabupaten Parimo yang akan menjabat lima tahun kedepan, pihak Bawaslu RI menetapkan tiga kategori yang pertama Panwas yang terbentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 15 tahun 2011, nanti akan ada pendaftaran baru, dan ketiga anggota yang sudah menjabat akan lolos atau tidak itu akan ditentukan oleh Bawaslu, karena mereka itu akan melalui proses evaluasi.

"Sehingga kami berharap, nantinya akan ada tanggapan dari masyarakat kepada semua calon anggota Bawaslu kabupaten," pungkasnya. 

 

Editor: Udin Salim