Friday, 17 August, 2018 - 17:21

TKW Asal Sigi Meninggal di Qatar

TIBA DI BANDARA – Jenazah almarhum Kirana tiba di Bandara Mutiara Sis Aljufrie Palu. (Foto: Ist)

Sigi, Metrosulawesi.com – Setelah dihebohkan seorang warga Desa Rarampadende, Kecamatan Dolo Barat, meninggal dunia di Qatar. Kini seorang tenaga kerja wanita (TKW) asal kabupaten Sigi lagi, bernama Kirana Binti Andi Gunu Siso, meninggal dunia di Qatar telah dipulangkan ke Indonesia.

Peti jenazah almarhum Kirana diangkut menggunakan pesawat Garuda dari Qatar ke Indonesia, difasilitasi oleh badan nasional penempatan dan perlindungan tenaga kerja indonesia (BNP2TKI).

Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Nakertrans) Sigi, Dr Hj Asnuryati Sunusi, mengatakan berdasarkan informasi diterima dari pusat menjelaskan sedetail bahwa seorang warga Qatar bernama Heiam Mohamed Y Raie, melapor ke KBRI Doha berada di Qatar mengabarkan salah seorang WNI itu telah meninggal dunia di sana.

“Setelah ditelusuri disana ternyata meninggal dunia itu almarhum Kirana, WNI berdomisili di Kabupaten Sigi ini,” ungkapnya.

Dia menambahkan, berdasarkan keterangan majikan dibuktikan dengan Death Notification dari RS Hamad, almarhum meninggal pada 28 Mei 2018 disebabkan kegagalan pernafasan akut, dan sebelumnya telah dirawat di RS Hamad selama 3 pekan.

“Sehingga KBRI Doha berkoordinasi dengan pihak keluarga untuk penguburan dan pemulangan jenasah. Keluarga almarhum pun sepakat  agar jenasah dipulangkan dan dikebumikan di rumah duka di Indonesia, tepatnya di Kabupaten Sigi,” terangnya.

Menurutnya, peninggalan milik almarhum yang masih berada di Qatar akan dibantu kebaratnya bernama Rasmin Kasman Masaudin. Kemudian pendampingan jenasah almarhum dilakukan BNP2TKI yang memantau jenasah tiba di Jakarta hingga ke Sigi.

Sekadar diketahui, almarhum Kirana Andi Gunu lahir pada tanggal 2 Mei 1982 berdomisili di desa Sibalaya Utara, Kecamatan Tanambulava, Kabupaten Sigi. Namun keluarga almarhum berpindah tempat ke kelurahan Pewunu di Kota Palu.


Editor: Syamsu Rizal