Sunday, 25 February, 2018 - 00:06

TNI AL Pengobatan Gratis di Poso

Warga antrian saat akan melakukan memeriksa kesehatan gratis yang digelar oleh TNI AL di Pelabuhan Poso. (Foto : Wawan)

Poso, Metrosulawesi.com - Ratusan warga Poso dari bebagai kelurahan berbondong-bondong mendatangi posko pemeriksaan dan pengobatan gratis yang digelar Tentara Indonesia Angkatan Laut (AL). Pengobatan gratis itu dilakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap warga Poso dalam rangka mendukung pelaksanaan Sail Tomini 2015 di Sulawesi Tengah.

Pemeriksaan dan pengobatan gratis yang di pusatkan di Pelabuhan Poso ini dilakukan Yonif kesehatan TNI AL, dikhususkan bagi warga kurang mampu. Sebelum melakukan pengobatan gratis terlebih dahulu, warga harus mendaftar dengan menunjukan kartu tanda penduduk (KTP).

Warga yang sejak pagi hari telah memadati lokasi pengobatan gratis tersebut, begitu antusias datang melakukan pengobatan gratis.

Selain menyiapkan posko dan ruangan tempat pemeriksaan bagi para pasien. TNI AL juga menurunkan tenaga medis yang terdiri dari dokter dan sejumlah perawat. Selain itu, juga tim kesehatan TNI AL menyiapkan obat-obatan yang dibutukan masyarakat.

Tenaga medis yang ada melayani mulai dari pemeriksaan kesehatan, operasi, sunat hingga pemberian obat sesuai kebutuhan.

Salah satu warga, Munir yang terkena penyakit katarak  mengaku, dengan adanya pengobatan gratis ini warga merasa terbantu. Pasalnya selama dirinya menderita penyakit katarak belum pernah melakukan pemeriksaan atau pun melakukan pengobatan karena kondisi yang tak punya biaya.

"Kami merasa terbantu pak atas adanya pengobatan gratis ini, saya terkena penyakit mata baru hari ini saya berobat karena saya tak punya uang," katanya saat ditemui Metrosulawesi, Minggu (13/9/2015) di sela-sela melakukan pengobatan.

Sejauh ini, dalam pemeriksaan dan pengobatan gratis tersebut penyakit yang di derita masyarakat Poso kebanyakan adalah penyakit katarak serta penyakit infeksi.

Sejumlah anggota TNI AL yang ditemui mengaku, kegiatan ini sebagai bentuk dalam rangka mendukung pelaksanaan Sail Tomini 2015 di Sulteng. Kegiatan pengobatan tersebut yang di gelar hingga tiga hari kedepan akan dilakukan hingga semua warga kurang mampu tersentuh.

 

Editor : Subandi Arya

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.