Sunday, 22 July, 2018 - 09:22

TNI Gelar Opster 2017 Di Poso

PERSIAPAN OPSTER - Pemaparan Dandim 1307 Poso di hadapan Pemda Poso. (Foto : Ist)

Poso, Metrosulawesi.com - TNI akan menggelar Operasi Teritorial (Opster) 2017 untuk warga yang berada di wilayah kabupaten Poso. Opster yang akan digelar selama 75 hari ini akan dibuka oleh Pangdam XIII Merdeka Mayor Jendral Ganip Warsito di lapangan Desa Tangkura, Kecamatan Poso Pesisir Selatan.

Kagiatan Opster merupakan salah satu bagian dari tugas Pokok TNI di bidang pemberdayaan wilayah, sehingga dapat menciptakan kemanunggalan TNI dengan rakyat dan memperdayakan masyarakat untuk berpartisipasi dalam membangun di daerah.

Belum lama Dandim 1307 Poso Letkol Inf Dody Triyohadi memaparkan persiapan pelaksanaan Opster 2017 kepada pemerintah daerah Poso yang dihadiri unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD).

Di situ Dandim mengatakan, program Opster merupakan wujud darma bhakti TNI dalam rangka mendukung pemerintah, melumpuhkan dan melemahkan lawan yang ingin membuat kekacauan dan memisahkan diri dari NKRI.

“Jika kegiatan Opster ini sudah pernah dilaksanakan sebelumnya dan rencana akan terus dilaksanakan sesuai kebutuhan,” ucapnya.

Kegiatan Opster TNI ini dilaksanakan di 6 wilayah Kodam, salah satunya di Kodam XIII Merdeka di Poso. Untuk wilayah Poso akan digelar di tiga wilayah yakni Kecamatan Poso Kota, Poso Pesisir dan wilayah Napu yang direncanakan  dari tanggal 17 April hingga 39 Juni 2017.

“Yang jelas kapan mulai kegiatanya masih menunggu perintah dari Panglima TNI,” ucap Dandim 1307 Poso saat memaparkan persiapan Opster 2017, belum lama ini.

Selama Opster 2017, nantinya akan dilakukan pengrehapan rumah-rumah warga, rumah ibadah pembuatan jembatan, perbaikan irigasi, jamban, pemberian sembako hingga pengobatan gratis dan kegiatan sosial lainya untuk warga Poso.

“Tentunya kami berharap banyak peran yang terlibat dalam opster ini, semua ini untuk mensejahterakan masyarakat untuk pembangunan Poso kearah lebih baik,” kata Dandim 1307 Poso Letkol Inf Dody Triyohadi.


Editor : Subandi Arya

Tags: