Wednesday, 20 June, 2018 - 17:02

TNKT Gelar Patroli Bersama

Bustang. (Foto: Subandi Arya/ Metrosulawesi)

Ampana, Metrosulawesi - Balai Taman Nasional Kepulauan Togean (TNKT) menggandeng Polres, TNI AL, Kejaksaan Negeri Ampana, Pemda Tojo Una-Una, untuk menjaga kawasan kepulauan Togean dari tangan-tangan jahil yang merusak alam kepulauan Togean.

Kepala Balai TNKT Bustang mengatakan, pengawasan kawasan konservasi tidak dapat dilakukan sendiri oleh TNKT. Olehnya harus melibatkan seluruh elemen. Baik pemerintah daerah, penegak hukum maupun masyarakat.

Sebenarnya, kata Bustang, sistem pengamanan bersama tersebut selama ini telah dilaksanakan oleh TNKT. Namun, masih terdapat kendala teknis dilapangan.

Olehnya dalam beberapa kali pertemuan yang digelar bersamaTNKT dan Pemda Touna, dalam pekan-pekan terakhir ini terus mencari persamaan presepsi konsep pengamanan TNKT  yang lebih komprehensip.

"Dari beberapa kali pertemuan, kita sepakati bersama bahwa bentuk pengamanan kawasan TNKT nanti akan dilaksanakan secara bersama-sama. Seperti patroli bersama," sebut Bustang belum lama ini.

Bentuk pengamanan yang dilakukan TNKT selama ini, sambung Bustang, dilakukan secara bertingkat. Seperti patroli bersama masyarakat, lalu patroli ditingkat kecamatan yang melibatkan unsur tripika hingga patroli ditingkat kabupaten.

Dalam patroli tersebut yang dilakukan adalah pengawasan kawasan TNKT dari praktek ilegalloging dan ilegalfishing.

"Jadi diluar prakter ileggalloging dan ilegalfishing itu masyarakat masih dapat melakukan aktifitas  biasa seperti memancing dan bercocok tanam di kebun," urai Bustang.


Editor: Syamsu Rizal

Tags: