Thursday, 16 August, 2018 - 20:08

Tolitoli Upayakan Pertahankan Predikat Peduli HAM

PERTEMUAN - Kanwil Kemenkumham menggelar pertemuan dengan jajaran Pemkab Tolitoli di Suwot Pollimpungan Kantor Bupati Tolitoli, Rabu 8 Agustus 2018. (Foto: Ist)

Tolitoli, Metrosulawesi.com - Pemerintah Kabupaten Tolitoli berupaya mempertahankan predikat sebagai kabupaten peduli HAM. Tahun lalu, Tolitoli termasuk penerima penghargaan peduli HAM dari Presiden RI Joko Widodo yang diserahkan di Kota Solo Jawa Tengah.

“Pemda Tolitoli tetap berusaha agar dapat mencapai prestasi dalam memenuhi kriteria sebagai Kabupaten peduli HAM tahun 2018 ini,” kata Sekretaris Daerah Tolitoli Hi Mukaddis Syamsuddin saat menerima kunjungan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tengah di Tolitoli, Rabu 8 Agustus 2018.

Dia mengatakan, untuk mencapai kriteria peduli HAM, ada beberapa hak dasar yang harus dipenuhi yaitu hak kesehatan, hak pendidikan, hak perempuan dan anak, hak pekerjaan, hak perumahan, hak kependudukan dan hak azasi lingkungan yang berkelanjutan.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tengah Juliasman Purba menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakan kunjungan kerja ini adalah untuk membentuk aturan atau legislasi daerah dengan harapan mewujudkan peraturan perundang-undangan daerah yang harmonis.

Selain itu, melaksanakan bantuan hukum gratis bagi masyarakat miskin yang bermasalah dengan hukum yang tujuannya adalah agar nilai-nilai keadilan dapat dirasakan oleh semua lapisan masyarakat termasuk masyarakat miskin. 

Kanwil Kemenkum HAM juga melaksanakan penyebarluasan dan penyadaran hukum bagi masyarakat melalui kegiatan penyuluhan hukum, pelaksanaan administrasi hukum yang berkualitas, pendaftaran hak kekayaan intelektual, hak cipta, paten, merek, desain industri dan indikasi geografis.

Selain itu, untuk memastikan pembinaan narapidana terlaksana dengan baik, pelayanan keimigrasian dan pengawasan orang asing, dan implementasi HAM sebagai pelaksanaan kewajiban pemerintah khususnya pemerintah daerah dalam penghormatan perlindungan pemenuhan penegakan dan pemajuan HAM.

Kakanwil Kemenkumham  berharap agar Pemerintah Kabupaten Tolitoli dapat bekerjasama dan bersinergis agar harapan dapat meningkatkan pembangunan hukum dan hak asasi manusia di Kabupaten Tolitoli yang tentunya bermanfaat bagi pemerintahan daerah dan masyarakatnya.

Pertemuan digelar di Suwot Pollimpungan Kantor Bupati. Hadir Asisten Bidang Pemerintahan Adjimain Laterey, Forkopimda, beberapa kepala OPD, Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Tolitoli dan pejabat notaris. 

 

Editor: Syamsu Rizal