Wednesday, 19 September, 2018 - 11:06

Tosale, Desa Tanpa Sinyal Ponsel di Donggala

Desa Tosale, Kecamatan Banawa Selatan yang sampai saat ini belum terjangkau sinyal telepon seluler (ponsel). (Foto: Basrudin/ Metrosulawesi)

Donggala, Metrosulawesi.com - Desa Tosale, Kecamatan Banawa Selatan terletak sekitar 17 kilometer dari ibukota Kabupaten Donggala. Namun, sampai saat ini, warga di desa ini belum menikmati sinyal telepon seluler (ponsel).

Jika warga hendak menggunakan ponselnya, harus mendatangi salah satu tempat di ketinggian yang jaraknya sekitar dua kilometer dari pusat pemukiman desa tersebut.

Kepala Desa Tosale Lukman L mengungkapkan, sulitnya sinyal ponsel di desanya. Kondisi ini, kata dia berpengaruh terhadap pekerjaan petugas desa dalam mengakses data dan berbagai urusan yang berhubungan dengan pemerintahan.

Selain itu, kata dia warga juga kesulitan dalam menjual hasil laut dan lainnya. Akibatnya, menghambat perekonomian warganya.

Padahal, menurut Kades, warganya yang pengguna ponsel sekitar 90% atau sekitar 2000 orang dari 2.571 jiwa. Dia dan warganya sedih dengan kondisi tersebut karena jarak desa dengan ibu kota Kabupaten Donggala tergolong dekat, hanya bekisar 17 kilometer.

Sementara desa lain yakni Desa Surumana yang merupakan desa perbatasan dengan Sulbar sudah memiliki tower atau menara sebagi distribusi jaringan yang dibangun oleh provider sebagai penunjang sarana dan prasarana telekomunikasi.

“Sementara desa yang dekat dengan ibu kota malah tidak mendapat jaringan,” keluh Kades Tosale ditemui di ruang kerjanya, Jumat 6 Juli 2018.

Selaku kepala desa, dia mengharapkan agar jaringan telekomunikasi menjadi perhatian serius pemerintah maupun pihak terkait karena dampaknya sangat besar terhadap perekonomian masyarakat dan pekerjaan aparat desa.


Editor: Syamsu Rizal