Friday, 20 April, 2018 - 03:31

Touna Butuh Gedung Pengadilan Negeri

Kasie Intel Kejari Ampana, Rizal Faharudin saat jumpe pers. (Foto : Harris Wartabone)

Demi Penegakan Hukum

Ampana, Metrosulawesi.com - Kejaksaan Negeri (Kejari), Ampana di Kabupaten Touna membutuhkan Gedung Pengadilan Negeri di Ampana untuk mempelancar tugas-tugas penegakan hukum di wilayahnya. Sebab, selama ini persidangan kasus yang ditangani Kejari Ampana masih digelar di Pengadilan Negeri Poso.

Kasi Intel Kejari Ampana Rizal Faharudin mengatakan, sudah sepuluh tahun di Kabupaten Touna belum ada  gedung Pengadilan Negeri untuk persidangan tersendiri.  

“Selama ini setiap ada pengadilan ataupun persidangan perkara, kita selalu berangkat ke Kabupaten Poso dengan membawa para tahanan dan saksi saksi, dan ini sudah berlangsung lama dan kami berharap segera dibangun gedung pengadilan di Kabupaten Touna,” kata Rizal dalam Pers Gathering yang digelar di Gedung Kejari Ampana belum lama ini.

Menurutnya, para saksi kerap mengeluh setiap kali melakukan sidang di Poso karena waktu mereka tersita hanya harus pulang pergi ke Poso dengan jarak perjalanan yang cukup jauh dan harus mengeluarkan biaya sendiri.

"Biasanya persidangan itu tidak jadi dilaksanakan karena para saksi biasanya tidak hadir karena tidak mau   berangkat ke Poso, dengan jarak yang cukup jauh. Alasan mereka adalah banyaknya waktu dan anggaran  transportasi yang harus dikeluarkan hanya untuk melakukan persidangan,” tuturnya. 

Selain itu, Rizal juga mengatakan, dengan jarak yang cukup jauh ini akan sangat membahayakan. Karena jumlah tahanan yang dibawa ke persidangan biasanya berjumlah 10 orang dan kadang harus pulang malam hari ke Ampana usai melakukan sidang.

"Bagi kami ini juga cukup rawan, karena usai melaksanakan sidang di Poso dengan pengawalan ketat bersama kepolisian, dan biasanya waktunya sudah malam kita harus membawa pulang kembali para tahanan itu ke Ampana,” tutupnya.

 

Editor : Subandi Arya