Tuesday, 21 August, 2018 - 06:22

Touna Kekurangan Tenaga Pengajar

Guru di Sulteng. (Foto : Ist)

Ampana, Metrosulawesi.com - Kabupaten Tojo Una-una (Touna) masih kekurangan 989 orang tenaga pengajar atau guru di beberapa daerah di wilayah setempat. Hal tersebut terungkap dari hasil Musrembang yang digelar belum lama ini yang melibatkan semua SKPD Touna.

"989 orang tersebut berasal dari keluhan semua sekolah di Touna, baik itu Sekolah Dasar (SD) Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) dan juga Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA)," kata sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga (Disdikpora) Asriman belum lama ini.

Ia mengatakan, tingkat kebutuhan ini terlalu besar, apalagi jumlah 989 itu angka yang sangat tinggi dan semua sekolah membutuhkan. Namun, hasil Musrembang ini akan menjadi acuan terkait langkah-langkah Pemkab untuk memenuhi kebutuhan sekolah.

Sementara itu,  Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Touna, Surya saat ditemui di ruang kerjanya juga membenarkan jika tingkat kebutuhan guru itu terlalu besar.

Yang jelas kata dia, tiap-tiap sekolah itu rata-rata membutuhkan tenaga guru, namun untuk langkah-langkah ke depan adalah bagaimana cara memenuhinya.

"Itu kita liat dulu karena tidak mungkin kita bisa langsung memenuhi secepatnya," paparnya.

Menurutnya, sewaktu testing CAT lalu, untuk jatah guru sendiri itu sekitar 90 lebih dan ini akan ditempatkan di sekolah-sekolah yang sangat membutuhkan tenaga guru.

"Hanya saja sampai saat ini belum ada informasi tentang kelulusan PNS kemarin, kami juga belum menerima kelanjutan informasinya," paparnya. (sp/bn)

Tags: