Saturday, 22 September, 2018 - 05:54

Toyota Kuasai 40% Penjualan Mobil di Sulteng

Toyota Avanza masih jadi andalan penjualan mobil Toyota, produk ini menjadi primadona di pasar automotif. (Foto: Tahmil Burhanudin/ Metrosulawesi)

Paling Banyak Terjual Lewat Kalla Toyota Juanda

Palu, Metrosulawesi.com - Penjualan mobil Toyota di Sulawesi Tengah masih merajai pasar automotif di daerah ini. Sekitar 40 persen pasar automotif di Sulawesi dikuasai oleh Toyota. Diler resmi Toyota PT Hadji Kalla Toyota Palu di Jalan Juanda, Palu menjadi diler dengan pencapaian penjualan terbanyak.

Menurut klaim Supervisor divisi penjualan Kalla Toyota Juanda Rizal Nurdin, sepanjang semester pertama (Januari-Juni) 2018, penjualan mobil Toyota mengalami peningkatan, meskipun tidak signifikan jika dibandingkan dengan kondisi tahun sebelumnya.

“Market share Toyota bermain di 40 persen, plus minus. Hadji Kalla Toyota Juanda merupakan diler dengan penjualan tertinggi,” ujar Rizal Nurdin, 15 Agustus 2018.

Penjualan mobil Toyota di Kota Palu, Sulawesi Tengah melalui empat diler resmi, yakni dua diler Kalla Toyota dan dua diler resmi Toyota Hasjrat Abadi.

“Kurang lebih kita menjual sebanyak 300 unit selama semester satu,” ujarnya.

Pihaknya optimis jumlah penjualan akan meningkat di semester dua ini. Iven politik diperkirakan akan mendongkrak peningkatan penjualan pasar automotif.

“Target kami di semester dua juga bisa menjual sekitar 300-an unit. Penjualan tahun ini kami targetkan lebih tinggi dari 2017,” sebut Rizal Nuridn.

“Pada tahun politik seperti saat ini biasanya elit politik tidak lagi mengerem pengeluaran uangya. Ini peluang automotif. Kami optimis menyambut semester dua ini. Penjualan juga memang slalu lebih tinggi di semester dua,” kata dia.

Selain itu, untuk merangsang peningkatan penjualan unit mobilnya, pihak Kalla Toyota Juanda juga sudah menyiapkan berbagai program khusus. Salah satu programnya adalah promo DP rendah mulai Rp12 jutaan khusus untuk pembelian mobil Toyota Calya, Avanza dan Agya. Bukan hanya DP murah, ada juga program angsuran ringan hingga Rp2 jutaan.

“Tanggal 17 Agustus kami ada iven customer gathering, kami undang juga masyarakat untuk ikuti iven kami ini. Tanggal 25 (Agustus) juga ada showroom iven,” katanya.

Program itu juga bentuk kepedulian Kalla Toyota terhadap masyarakat yang ingin memiliki mobil.

Kalla Totoya sendiri mengakui jenis mobil andalan mereka masih dikuasai oleh Toyota Avanza. Bukan hanya di Sulawesi Tengah, secara nasional Toyota Avanza memang masih jadi primadona pasar automotif.


Editor: Pataruddin