Sunday, 19 August, 2018 - 01:45

TPID Kini Dipimpin Kepala Daerah

TPID - Wabup Sigi Paulina berkontribusi memimpin TPID Sigi di acara High Level Meeting Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Sulawesi Tengah. (Foto: Humas Pemkab Sigi)

Sigi, Metrosulawesi.com - Wakil Bupati Sigi, Paulina menghadiri acara High Level Meeting Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Sulawesi Tengah, belum lama ini.

Acara seremonial TPID Sulteng bertempat di salah satu hotel di Kota Palu dibuka secara resmi oleh Gubernur Sulteng, Drs H Longky Djanggola Msi.

Wabup Sigi, Paulina, mengatakan kegiatan high level meeting TPID yang diikutinya merupakan salah satu program kerja TPID Provinsi Sulteng, termasuk Kabupaten Sigi.

Kata dia, kegiatan high level meeting ini merupakan salah satu tolak ukur penilaian dari pemerintah pusat terhadap daerah. Melalui indikator itu sebagai tindak lanjut terbit Keputusan Presiden (Kepres) RI Nomor 23 tahun 2017.

“Sehingga Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Sigi juga harus ikut berkontribusi. Karena program menjadi keseriusan pemerintah terkait pengendalian inflasi nasional dan daerah itu sendiri,” ungkapnya.

Dia menambahkan, berdasarkan keputusan Mendagri sebelumnya yang menjadi Ketua TPID di daerah adalah Sekretatis Kabupaten (Sekkab). Namun dengan dikeluarkan Permen yang baru, maka ketua TPID sekarang ini dipimpin kepala daerah bersangkutan, termasuk wakil kepala daerah.

“Oleh karena itu kami di Sigi kembali membentuk TPID sesuai Permen yang baru, agar segera melakukan penyesuaian,” jelasnya.

Menurutnya, sebagai Ketua TPID Sigi mewakili bupati Sigi Mohamad Irwan Lapatta. Maka ia akan mengawal pelaksanaan kegiatan TPID sehingga nanti dilaporkan kepada Tim Pengendalian Inflasi Nasional, ditembuskan kepada Gubernur Sulawesi Tengah.

“Sehingga diakhir tahun nanti TPID Sigi akan mendapat perhargaan dari pusat. Maka dari itu, TPID mulai saat ini harus bergegas melakukan perbaikan,” pungkasnya.  


Editor: Syamsu Rizal