Thursday, 16 August, 2018 - 18:42

Transaksi Pasar Murah Pemprov Ditarget di Atas Rp200 Juta

PASAR MURAH - Asisten Ekonomi, Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Bunga Elim Somba didampingi Kepala Disperindag Moh Arif Latjuba dan Kepala Perwakilan BI Sulteng Miyono saat pembukaan pasar murah di Lapangan Parkir Hotel Mery Glow jalan Pattimura, Selasa, 5 Desember 2017. (Foto : Humas Pemprov)

Palu, Metrosulawesi.com - Pasar murah Pemprov Sulteng berakhir kemarin, Rabu, 6 Desember 2017. Masyarakat Kota Palu diminta memanfaatkannya untuk memperoleh sejumlah kebutuhan pokok. Pasar murah Pemprov Sulteng melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) ini dipusatkan di Lapangan Parkir Hotel Mery Glow jalan Pattimura, Kelurahan Lolu Utara, Kecamatan Palu Timur dan telah berlangsung mulai Selasa, 5 Desember 2017.

Gubernur Sulteng melalui Asisten Ekonomi, Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Bunga Elim Somba mengatakan pasar murah dalam rangka membantu masyarakat yang akan merayakan Natal dan Tahun Baru 2018. Pasar murah menjual berbagai barang kebutuhan pokok masyarakat seperti beras, gula pasar, terigu, mentega, telur dan kebutuhan pokok lainnya.

“Saya harapkan kepada seluruh masyarakat serta aparatur pemerintah untuk menginformasikan kepada warganya jika ada kegiatan pasar murah. Jangan sampai ada warga yang kurang mampu tidak mengetahui sehingga sebagian kebutuhannya dalam menghadapi Hari Raya Natal tidak terpenuhi,” ujar Elim saat membuka gelaran pasar murah, Selasa, 5 Desember 2017.

Pasar murah yang dilaksanakan selain bentuk kepedulian Pemprov, juga dalam rangka mengantisipasi terjadinya inflasi. Beberapa pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), toko retail, Bulog serta Pertamina turut menggelar dagangan pada kesempatan tersebut. Selain itu beberapa Peseroan terbatas (PT) juga turut hadir ramaikan pasar murah.

Kepala Disperidag Sulteng Moh Arif Latjuba menerangkan pasar murah tersebut merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh pihaknya menyambut hari-hari besar keagamaan seperti Idul Adha, Idul Fitri serta Natal dan Tahun Baru. Pasar murah kali ini merupakan yang terakhir untuk tahun 2017.

"Kita bersama-sama disini, untuk pasar murah dalam rangka menyambut Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2018. Dari pihak swasta yang berpartisipasi dalam pelaksanaan pasar murah ini adalah Perindo, CV Anugerah, PT Kompotika Raya, PT Karya Kencana, CV Bulan Tika, CV Sinar Lestari, PT Indofood. Kalau yang dari BUMN ada Bulog, Pertamina dan BI. Insya Allah dua hari pelaksanaan pasar murah, bisa tembus transaksi diatas 200 juta," tutur Arif.

Sementara itu, salah satu warga Ani mengungkapkan, sangat terbantu dengan adanya pasar murah.

"Sangat terbantu sekali, terutama untuk gas elpiji 3 kilo. Disini masih Rp16 ribu, biasa saya dapat di pangkalan Rp25 ribu, itupun belum tentu ada," ucap Ani. (cb/mic)


Editor : M Yusuf Bj