Friday, 20 July, 2018 - 01:22

Transportasi Udara Sumbang Inflasi Sulteng Terbesar

B Elim Somba. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.com - Pemprov Sulteng mencatat inflasi pada Juni 2018 di daerah ini berada diangka 1,89 %. Dari angka tersebut, penyumbang inflasi terbesar dari kelompok pengeluaran transportasi, khususnya penerbangan selama liburan sekolah dan menjelang Lebaran Idul Fitri 1439 H.

“Dari data yang ada  perkembangan angka inflasi Sulawesi Tengah masih stabil dan terkendali,” ujar Asisten Administrasi Ekonomi, Pembangunan dan Kesra Bunga Elim Somba saat membuka High Level Meeting Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Sulteng di Hotel Mercure Palu, Rabu, 11 Juli 2018. 

Mewakili gubernur, Elim menyampaikan apresiasi dan berharap kiranya kerjasama dapat terus ditingkatkan sehingga inflasi di daerah tersebut tetap terjaga. 

“Satu kebanggaan bagi kita semua bahwa Menteri Perdagangan Republik Indonesia memberikan apresiasi kepada Pemerintah Daerah Provinsi Selawesi Tengah melalui  gubernur dalam suratnya Nomor 727/M-Dag/SD/6/2018 terkait upaya stabilisasi harga dan ketersediaan barang kebutuhan pokok masyarakat,” ucapnya.

Menurut Elim, capaian tersebut tidak terlepas dari berbagai upaya yang telah dilakukan oleh Pemerintah Daerah Sulawesi Tengah secara koordinatif antara lain pelaksanaan rapat koordinasi nasional, rapat koordinasi daerah, rapat koordinasi perekonomian provinsi, pemantauan stok pasokan di gudang-gudang Bulog dan distributor setempat.

Selain itu pemantauan barang kebutuhan pokok masyarakat di pasar rakyat dan ritel modern sampai kepada upaya operasi pasar. Untuk itu diharapkan, adanya  kerjasama yang baik di tahun-tahun yang akan datang sebagai implementasi amanat Presiden untuk menjaga stabilitas harga barang kebutuhan pokok masyarakat.

Elim menjelaskan High level meeting TPID merupakan  kegiatan yang sudah diprogramkan oleh tim pengendalian inflasi nasional, kegiatan tersebut merupakan  salah satu tolak ukur penilaian oleh pusat terhadap TPID provinsi, kabupaten dan kota selain indikator lainnya. 

“Pelaksanaan high level meeting TPID dalam rangka  evaluasi terhadap pelaksanaan kegiatan pengendalian inflasi di Provinsi Sulawesi Tengah pasca Lebaran dimulai dari menjelang Ramadan sampai pada perayaan Idul Fitri 1439 H yang mana ketersediaan stok bahan pokok cukup terjaga dengan harga terjangkau,” tandas Elim. 

 

Editor: M Yusuf Bj

Tags: