Monday, 23 July, 2018 - 14:11

Tujuh Calon Berebut Kursi Perusda Sulteng

ILUSTRASI - Para calon memperebutkan kursi komisaris dan direksi perusahaan milik Pemda Sulteng. (Grafis : Jeannete Christy/ Metrosulawesi)

CALON PIMPINAN PT PEMBANGUNAN SULTENG
  • H Muh Hajir Hadde.
  • H Helmi D Yambas.
  • Pratikno Wibowo.
  • Robby Siwi.
  • M Yasin Mangun.
  • H Atma Mado.
  • H Suaib Djafar.

“Jadi nanti nilai dari fit and proper test masing-masing calon itu kami bawa di RUPS. Nanti pemegang saham yang menentukan berdasarkan rangking yang kami buat,” - Bunga Elim Somba, Sekretaris Pansel -

"Jajaran komisaris dan direksi yang nantinya terpilih, selain memiliki komitmen yang tinggi, diharapkan dapat realistis di dalam memimpin perusahaan ini," - Derry Djanggola, Ketua Pansel -

Jabatan Komisaris dan Direksi Ditentukan RUPS

Palu, Metrosulawesi.com - Sekretaris Panitia seleksi (Pansel) calon pimpinan Perusda (perusahaan daerah) PT. Pembangunan Sulteng Dr Bunga Elim Somba mengatakan, setelah tujuh calon pimpinan mengikuti uji kemampuan dan kepatutan (fit and proper test) pada Selasa, 11 Oktober, selanjutnya hasil penilaian Pansel akan dibawa ke Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT. Pembangunan Sulteng.

“Jadi nanti nilai dari fit and proper test masing-masing calon itu kami bawa di RUPS. Nanti pemegang saham yang menentukan berdasarkan rangking yang kami buat,” ujar Elim Somba, Kamis, 11 Oktober 2016.

Elim belum bisa memastikan waktu pelaksanaan RUPS, karena masih akan menyesuaikan waktu dengan para pemegang saham. Namun demikian, Asisten II Sekdaprov Sulteng ini memastikan, setelah RUPS itu nantinya berlangsung akan diumumkan figur  yang bakal menduduki kursi komisaris dan direksi PT. Pembangunan Sulteng yang baru.

“Agar perusahaan bisa langsung beroperasi, maka harus langsung diumumkan struktur pengurusan baru setelah RUPS,” tutur Elim.

Adapun tujuh kandidat yang memperebutkan kursi komisaris dan direksi perusahaan milik Pemda Sulteng ini yaitu H Muh Hajir Hadde, H Helmi D Yambas, Pratikno Wibowo, Robby Siwi, M Yasin Mangun, H Atma Mado dan H Suaib Djafar.

Muh Hajir Hadde dan Helmi D Yambas saat ini merupakan Komisaris Utama dan Direksi PT. Pembangunan Sulteng sejak 2013 sampai saat ini. Keduanya ikut mencalonkan diri kembali menjadi pimpinan di perusahaan plat merah itu.

Sementara lima calon lainnya terdiri dari berbagai latar belakang berbeda, di antaranya merupakan pensiunan aparatur negara. Dari tujuh calon, enam berada di usia yang relatif sama dengan rentang kelahiran pada 1953-1959.

Sementara seorang calon lainnya menjadi yang termuda yakni M Yasin Mangun. Yasin Mangun lahir di Kabupaten Poso, 13 April 1972. Jabatan strategis yang pernah didudukinya yaitu Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Poso pada 2002-2005 dan pada 2003-2008, Yasin Mangun menjabat Ketua KPU Kabupaten Poso.

Sebelumnya, Ketua Pansel Derry Djanggola menyampaikan bahwa PT. Pembangunan Sulteng diharapkan dapat segera melakukan pembenahan dan pemulihan baik struktur organisasi, sistem penggajian sampai dengan pelantikan direksi Sulteng yang baru.

"Jajaran komisaris dan direksi yang nantinya terpilih, selain memiliki komitmen yang tinggi, diharapkan dapat realistis di dalam memimpin perusahaan ini," ujar Derry.

Derry Djanggola menambahkan bahwa PT. Pembangunan Sulteng diharapkan dapat berkomitmen dalam membangun perekonomian Sulawesi Tengah.

"Serta bisa memiliki kemitraan yang baik dengan pihak-pihak terkait, khususnya para pelaku pasar," tandas Derry.


Editor : Udin Salim