Saturday, 19 August, 2017 - 00:37

Uji Kelaikan Sopir Digelar H-7 Lebaran

Kepala Dishub Palu, Ajenkris. (Foto : Dok Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.com – Menghadapi lonjakan arus mudik lebaran tahun ini, Dinas Perhubungan Kota Palu rencananya pada H-7 Idul Fitri atau Senin 27 Juni mendatang akan melaksanakan uji kelaikan pada setiap sopir bus angkutan yang akan beroperasi.

“Sama seperti tahun sebelumnya, uji kelaikan armada dan sopir ini kita anggap penting supaya masyarakat yang melakukan mudik merasa nyaman," kata Kepala Dishub Palu, Ajenkris, Jumat 24 Juni 2016.

Ajenkris  mengatakan setiap sopir diwajibkan untuk mengikuti setiap tahapan-tahapan uji kelaikan, diantaranya tes kesehatan fisik, mental dan juga tes urine yang bekerja sama Kepolisian, Dinas Kesehatan dan Badan Narkotika Nasional (BNN).

“Kami juga akan melakukan pengecekan atas kondisi kesehatan setiap supir, H-7 sebelum lebaran. Jika ada yang dianggap tidak laik maka sopir bus harus diganti dengan sopir yang lebih baik lagi," katanya.

Dia menegaskan, pihaknya tidak akan memberikan rekomendasi maupun izin kepada sopir yang mengonsumsi narkotika dan obat-obatan berbahaya (narkoba) maupun minuman beralkohol.

Selain itu, kata dia, pihaknya juga akan memperketat uji kelaikan armada angkutan.

"Uji kelaikan armada pun diperketat supaya pengusaha armada juga memprioritaskan setiap kondisi, kami akan melakukan pembatalan perjalanan keberangkatan armada jika tidak laik," tandasnya.

Rencananya uji laik sopir tersebut akan digelar di dua tempat terpisah yakni di Terminal Tipo dan Terminal Mamboro.


Editor : Syamsu Rizal

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.