Wednesday, 19 September, 2018 - 18:50

UNBK di Donggala, Siswa Terkendala Jaringan

TINJAU UNBK - Sekretaris Daerah Provinsi Sulteng, Mohamad Hidayat Lamakarate meninjau UNBK jenjang SMK di Kabupaten Donggala, Senin, 2 April 2018. (Foto: Humas Pemprov)

Donggala, Metrosulawesi.com - Sekretaris Daerah Provinsi Sulteng, Mohamad Hidayat Lamakarate meninjau pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) jenjang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) hari pertama di Kabupaten Donggala, Senin, 2 April 2018.

Hidayat yang didampingi Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi, Pembangunan, dan Kesejahteraan Rakyat, Ardiansyah Lamasitudju melihat langsung UNBK di SMK Negeri 1 Labuan dan SMK Al Amiin Wani.

Di SMK Negeri 1 Labuan, Hidayat mendapati hingga pukul 09.00 WITA, beberapa siswa peserta UNBK belum mengerjakan soal. Kepala SMK Negeri 1 Labuan, Abdul Muluk melaporkan hal tersebut dikarenakan adanya kendala jaringan internet, sehingga pelaksanaan UNBK tertunda.

“Sekolah kami belum terhubung dikarenakan masalah jaringan, server down. Ini akan terlambat, padahal ujian hari pertama empat sesi, tapi sampai sekarang belum juga dimulai,” lapor Abdul. 

Selain disebabkan gangguan jaringan internet, Abdul juga melaporkan jumlah komputer yang akan digunakan siswa terbatas. Hidayat mendengar laporan tersebut sangat menyayangkannya. Itu karena kendala serupa telah dialami dipelaksanaan UNBK tahun sebelumnya.

“Tahun lalu ini juga kan masalahnya, ini harus dibicarakan dengan penyedianya (provider). Kenapa ketika simulasi bagus, tapi sekarang seperti ini. Kalau untuk solusi listrik ada genset, tidak ada masalah. Server seharusnya juga wajib ada UPS, agar ketika listrik padam tidak langsung mati,” ujar Hidayat.

Usai dari SMK Labuan, Hidayat dan rombongan bergeser menuju SMK Al Amiin Wani. Di SMK Al Amiin, UNBK secara umum berjalan lancar meski sempat terjadi pemadaman listrik. Itu karena pihak sekolah telah menyediakan generator cadangan.

“Meskipun sempat terjadi mati listrik, secara keseluruhan UNBK disini lancar, jaringan bagus,” terang Kepala  SMK Al Amiin Wani Tazkir, Tazkir Suleman.

Hidayat usai melakukan peninjauan ini menuturkan pihaknya akan terus memantau pelaksanaan UNBK kedepan. Dipastikannya juga akan mengevaluasi setiap kendala yang terjadi di lapangan. 

“Kami akan menggelar rapat koordinasi secepatnya,” tandas Hidayat. (mic/del)

 

Editor: Syamsu Rizal

Tags: