Sunday, 25 June, 2017 - 03:07

Untad Buka Pendaftaran SMMPTN

BUKA SMMPTN - Sekretaris SMMPTN Untad, Rudy Gosal (kanan) didampingi Humas SMMPTN Darsikin (kiri) memberikan keterangan pers kepada awak media di Lantai III Rektorat Universitas Tadulako, Senin, 29 Mei 2017. (Foto : Michael Simanjuntak/ Metrosulawesi)

41 Prodi Dibuka, Kedokteran Ditutup

Palu, Metrosulawesi.com - Universitas Tadulako (Untad) membuka pendaftaran mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN) terhitung mulai kemarin, Selasa, 30 Mei 2017. Pendaftaran SMMPTN sesuai jadwal akan ditutup pada 23 Juni mendatang.

“Insya Allah mulai besok (hari ini,red) Untad membuka pendaftaran jalur mandiri sekaligus penerimaan gelombang dua mahasiswa baru program Pascasarjana,” ujar Sekretaris SMMPTN Untad, Rudy Gosal kepada awak media di Lantai III Rektorat Universitas Tadulako, Senin, 29 Mei 2017.

Dia menerangkan, jalur SMMPTN membuka 41 Program studi (Prodi) diberbagai fakultas yang ada di Untad. Khusus Prodi Kedokteran ditutup karena kuota yang ada telah terpenuhi lewat jalur SNMPTN dan SBMPTN beberapa waktu lalu.

“Pendaftar yang kita terima lulusan tahun 2015, 2016 dan 2017 untuk program reguler, kecuali program non reguler tidak ada batasan. Untuk lulusan 2017 boleh menggunkan surat keterangan lulus, tapi kalau lulusan 2015 dan 2016 harus pakai ijazah,” terang Rudy.

Sama seperti dua jalur sebelumnya, proses pendaftaran jalur SMMPTN menggunakan sistem online melalui website http://pmb.untad.ac.id. Peserta dibebankan biaya seleksi Rp250 ribu/orang yang dibayarkan lewat Bank BNI.

Rudy melanjutkan, ujian tertulis bagi program Sarjana akan dilaksanakan pada 4 Juni 2017 dengan materi ujian TKPA (Tes Kemampuan dan Potensi Akademik), TKD Saintek (Tes Kemampuan Dasar Sains dan Teknologi) dan TKD Soshum (Tes Kemampuan Dasar Sosial dan Humaniora).

Untuk program Pascasarjana pelaksanaan ujian digelar pada 8 Juni 2017. Khusus pendaftar yang memilih Prodi jasmani, kesehatan dan rekreasi (PJKR) diwajibkan mengikuti ujian keterampilan olahraga.

“Hasil ujian akan diumumkan pada 20 Juli 2017 mulai pukul 17.00 WIB dan dapat diakses melalui website pmb.untad.ac.id dan dikoran lokal Sulawesi Tengah,” ujarnya.

Dia menjelaskan, bersamaan dengan pembukaan SMMPTN, Untad juga membuka penerimaan Program Studi Di Luar Kampus Utama (PSDKU) Untad di Morowali dan Ampana. Di PSDKU Untad Morowali dan Ampana membuka tiga Prodi yaitu Ekonomi Manajamen, Teknik Sipil dan Agroteknologi.

“Pendaftar diluar kampus utama seperti Morowali dan Ampana bisa juga ujiannya di Untad Palu. Kedua PSDKU Untad itu sudah mendapat izin dari Kemenristekdikti,” jelasnya.

Rudy menambahkan, melalui jalur seleksi terakhir SMMPTN diharapkan memberi kesempatan bagi putra/putri daerah yang ingin melanjutkan studi kejenjang perguruan tinggi negeri.

“Kita berharap lulusan siswa/i Sulawesi Tengah banyak yang lolos melalui peluang SMMPTN Untad,” pungkasnya.


Editor : Udin Salim

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.