Monday, 20 November, 2017 - 08:14

Wabup Tolitoli Sebut 6 Asas Pelayanan Informasi

Wakil Bupati Tolitoli H Abdul Rahman H Budding memberikan kata sambutan pada sosialisasi peran, tugas pokok dan fungsi PPID dan PPIDP, di Wisma Daerah Tolitoli, Kamis, 4 Mei 2017. (Foto : Dok Humas Pemkab)

Tolitoli, Metrosulawesi.com - Sekitar 100 orang mengikuti sosialisasi peran, tugas pokok dan fungsi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) dan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Pembantu (PPIDP), di Wisma Daerah Tolitoli, Kamis, 4 Mei 2017. Kegiatan ini diikuti perwakilan OPD, wartawan, utusan lembaga perguruan tinggi, serta dari OKP.

Wakil Bupati Tolitoli H Abdul Rahman H Budding mengatakan, melalui sosialisasi ini dapat lebih memantapkan peran, tugas pokok dan fungsi PPID dan PPIDP untuk memahami standar yang perlu digunakan dalam mengembangkan pelayanan informasi.

Karena, menurutnya informasi merupakan sebuah kebutuhan mendasar setiap orang sebagai pengembangan pribadi dan lingkungan sosialnya, serta merupakan bagian penting bagi ketahanan nasional.

“Dan keterbukaan informasi publik merupakan salah satu ciri penting negara demokratis guna menjunjung tinggi kedaulatan rakyat,” kata Wakil Bupati dalam sambutannya.

Dia mengatakan, Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008, tentang Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP) dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2017, tentang Pedoman Pengelolaan Pelayanan Informasi dan Dokumentasi yang merupakan dasar penting dalam mendorong keterbukaan informasi di Indonesia.

Wakil Bupati Tolitoli berharap bahwa dalam melaksanakan pelayanan informasi, harus mempedomani enam asas yaitu transparansi, akuntabilitas, kondisional, partisipatif, kesamaan hak, dan terakhir keseimbangan hak dan kewajiban. Azas tersebut menjadi landasan bagi setiap badan publik melayani masyarakat yang membutuhkan informasi.

Kabag Humas dan Protokol Setdakab Tolitoli Arham A. Jacub, SH dalam laporannya selaku panitia pelaksana  mengatakan, peserta sosialisasi hari ini kurang lebih 100 orang peserta dari perwakilan OPD, wartawan, utusan lembaga perguruan tinggi, serta dari OKP.

Dia juga menyampaikan Undang-undang yang mendasari pelaksanaan kegiatan sosialisasi ini termasuk terbentuknya struktur PPID Kabupaten Tolitoli, dimana pelaksanaan sosialisasi ini disesuaikan dengan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) Biro Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Provinsi Sulawesi Tengah  Tahun Anggaran 2017.

Hadir pula pada acara pembukaan Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Sulawesi Tengah beserta rombongan, Forkopimda, pimpinan perguruan tinggi se Kabupaten Tolitoli,  Staf Ahli Bupati, pimpinan OPD dan pimpinan Unit Kerja Lingkup Pemda Kabupaten Tolitoli, para pengurus LSM Kabupaten Tolitoli, pengurus organisasi kemasyarakatan, serta wartawan media cetak dan eletronik. (rls/zal)

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.