Wednesday, 27 September, 2017 - 04:10

Wali Kota: Berikan Kontribusi Terbaik Untuk Kota Palu

Asri SH saat dilantik menjadi Sekretaris Daerah Kota Palu pada Jumat, 30 Desember 2016. (Foto : M Yusuf BJ/ Metrosulawesi)

PEJABAT ESELON II PEMKOT
  • Asri SH (Sekda Kota Palu)
  • Asisten: Moh Ridwan Karim (Pemerintahan & Kesejahteraan), Imran SE MSi (Administrasi Perekonomian), Moh Rifani SSos MSi (Administrasi Umum).
  • Staf Ahli: Moh Burhan H Hamading MH (Bid Ekonomi & Keuangan), Denny Taufan SSos MSi (Bid. Sosial & Kebudayaan), Ir Yusrini Sushanty Ariani MSi (Bid. Infrast. & Ling.).
  • Kepala Dinas: Ansyar Sutiadi SSos MSi (Pendidikan Kota Palu), Dr Royke Abraham (Kesehatan Kota Palu), Ir Singgih Budi Prasetyo MEng Sc (PU Kota Palu), Ir Dharma Gunawan Mochtar MSi (Penataan Ruang & Pertanahan), Moh Rizal ST MSi (Perumahan & Kawasan Permukiman), Drs Ramli (Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan), Drs Nursalam (Dinas Sosial), Ajenkris SE MM (Koperasi, UKM dan Tenaga Kerja), Dr Farid Rifai SSos MSi (Perdagangan dan Perindustrian), Drs Burhan Toampo (Kependudukan dan Pencatatan Sipil), Ir Muchlis Abdul Umar (Pertanian dan Ketahanan Pangan), Drs Hary Wahyudi Supono (Kearsipan dan Perpustakaan), Drs Sumardi (Pemuda dan Olahraga), Irmayanti SSos MM (Pemberdayaan Perempuan & Per. Anak), Dr Farida H Ingolo MKes (Pengendalian Penduduk & KB), Ir Musliman MM (Lingkungan Hidup), Ir Rahmat Kawaroe MM (Penanaman Modal & Pela. Satu Pintu), Sudaryano Lamangkona SSos MSi (Kebudayaan dan Pariwisata), Setyo Susanto APd (Dinas Perhubungan), Ichsan Hamzah SH MSi (Komunikasi dan Informatika).
  • Didi Bakran SH MSi (Kepala Inspektorat).
  • Rosida Thalib SH MH (Sekretaris Dewan).
  • Moh Arif SSTP MSi (Kepala Satpol Pamong Praja).
  • Kepala Badan: Drs Arfan MSi (Bappeda Kota Palu), Drs H Baso (Badan Kepegawaian dan SDM), Dra Irmawati Alkaff MSi (Badan Keuangan dan Aset Daerah), Eka Kumalasari SE Ak MM (Badan Pendapatan Daerah), Drs Syamsul Syaifuddin MM (Badan Penelitian dan Pengembangan), Muh Sadly Lesnusa SSos ME (Badan Kesatuan Bangsa dan Politik), Presly Tampubolon SE (Badan Penanggulangan Daerah), Dra Susi Elfira Wahyuni Mastura (Administrator KEK).

Palu, Metrosulawesi.com - Setelah melalui beberapa tahapan seleksi, akhirnya pada Jumat, 30 Desember 2016, Wali Kota Palu melantik 37 pejabat pimpinan tinggi pratama atau Eselon II lingkup Pemerintah Kota Palu. Pelantikan ini juga dihadiri oleh Ketua DPRD Palu Muh. Iqbal Andi Magga.

Prediksi jabatan Sekretaris Daerah Kota Palu terjawab sudah. Mantan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palu Asri SH, akhirnya menduduki posisi strategis ini. Dengan demikian, Ir Dharma Gunawan Mochtar terdepak. Selama menunggu Sekdakot definitive, Dharma Gunawan sempat diangkat sebagai Plt Sekdakot.

Bahkan nama Dharma Gunawan termasuk satu salah nama dari tiga nama yang sempat beredar yang memiliki peluang menduduki jabatan Sekdakot. Dua nama lainnya yakni: Ansyar Sutiadi dan Sudaryano Lamangkona. Ketiganya disebut-sebut sebagai hasil rekomendasi dari tim seleksi. Jika itu benar, maka artinya Wali kota tidak memilih satu pun dari tiga nama yang direkomendasikan oleh tim seleksi.

Pelantikan pejabat eselon II di lingkungan Pemkot Palu berlangsung lancar.

Wali Kota Palu Hidayat M.Si dalam arahannya mengatakan para pejabat eselon II yang baru dilantik harus menerima harus menerima amanah ini dengan ikhlas, bertanggungjawab dan lapang dada.

“Rotasi jabatan dalam struktur pemerintahan adalah hal yang biasa. Tentunya, ada yang senang dan tidak senang dengan jabatan yang diembannya. Namun semua itu kita harus terima, dan terus semangat untuk membangun Kota Palu,” kata Hidayat.

Hidayat mengatakan dirinya bersama Wakil Wali Kota Palu Sigit Purnomo Said diskusi panjang soal penempatan para pejabat eselon II saat ini.

“Hingga tadi malam pukul 05.00, saya diskusi panjang dengan Wakil Wali Kota terkait posisi sahabat-sahabat saya ini dalam jabatan struktural eselon IIA maupun eselon IIB. Tetapi kami berdua yakin dan percaya, apapun jabatan itu, disitulah pengabdian kita untuk memberikan kontribusi yang terbaik pada daerah ini,” katanya.

“Oleh karena itu, yang titip kepada pejabat yang baru dilantik, mari kita sama-sama memberikan semangat yang besar untuk bekerja sesuai bidang kita masing-masing. Saya yakin dan percaya, selama 10 bulan kita bergaul sebagai aparatur di pemerintahan Kota Palu ini, disitulah saya mempertimbangkan posisi saudara saat ini,” jelasnya.

Hidayat mengimbau kepada para pejabat yang baru dilantik untuk membantu dirinya dalam mempertanggungjawabkan kinerja pemerintahan Kota Palu kepada masyarakat dan DPRD Kota Palu.

“Hasil rembukan saya dengan Wakil Wali Kota, bahwa kami menempatkan orang sesuai dengan kapasitasnya. Karena mindset birokrasi di Kota Palu ini agak ada jabatan basah dan kering. Guyon saya semalam dengan Wawali, berarti kalau jabatan kering pada Dinas Bencana Alam, dan jabatan basah pada Dinas Pemadam Kebakaran,” kata Wali Kota disambut tawa para tamu undangan.

“Jadi jangan memilih-milih jabatan. Seorang PNS jangan coba-coba bermimpi untuk mengejar suatu jabatan. Misalnya, karena ingin suatu jabatan basah, PNS itu menunjukkan kinerja maksimal. Ketika PNS tersebut tidak di tempat basah, maka bisa drop kinerja PNS tersebut. Ini yang saya lihat dalam jiwa aparatur kita saat ini. Insyaallah, saya berharap kita semua tetap semangat untuk memberikan kontribusi, bukan kepada saya atau Wakil Wali Kota, tapi kepada seluruh masyarakat Kota Palu,” jelasnya.


Editor : Udin Salim 

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.