Wednesday, 16 August, 2017 - 23:25

Wali Kota Minta Ruang Kelas III RSUD Anutapura Dilengkapi AC

Wali Kota Palu, Drs. Hidayat bersama Wakil Wali Kota Palu, Sigit Purnomo Said saat mengunjungi RS Anutapura Palu, Selasa, 30 Mei 2017. (Foto : Moh Fadel/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.com - Wali Kota Palu Drs. Hidayat bersama Wakil Wali Kota Palu Sigit Purnomo Said mengunjungi Rumah Sakit (RS) Anutapura Palu, Selasa, 31 Mei 2017. Tujuan kunjungannya kali ini guna melihat langsung pelayanan RS Anutapura kepada masyarakat, fasilitas ruangan, serta sarana dan prasarana.

Kunjungan ini juga dihadiri beberapa penjabat Pemerintah Kota Palu, diantaranya Kepala Dinas Kesehatan Kota Palu, dr. Roeyke Abraham dan beberapa pegawai Dinkes Palu.

Hidayat mengatakan keputusannya mengunjungi Rumah Sakit Anutapura tersebut berdasarkan rapat bersama yang dilaksanakan pihaknya beberapa waktu lalu.

“Terutama tujuan kami ke RS. Anutapura melihat ruangan kelas III  atau Bangsal. Kami melihat ruangan kelas III lumayan bagus. Namun memang ada beberapa ruangan kelas III harus dibenahi terutama walpapernya, agar senang perasaan pasien saya menginap di RS Anutapura Palu,” katanya.

Selain itu, kata Hidayat, pihaknya mengusulkan kepada RS. Anutapura agar memasang AC di beberapa ruangan kelas III agar pasien merasa nyaman dan sejuk.

“Saya kira semua ruangan pada umumnya sudah bagus baik itu, kelas I, II dan III. Namun tentunya perlu dimasukkan AC, dan kelengkapan fasilitas lainnya di bangsal kelas III,” ujarnya.

Hidayat mengungkapkan dirinya juga telah berbincang dengan warga dan pasien inap RS Anutapura.

“Pada umumnya yang menginap menyampaikan pelayanan pelayanan rumah sakit cukup baik. Namun memang pada waktu tertentu ruangan tidak cukup. Maka dari itu kami mencoba melihat kembali, seperti tadi ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD), kami mencoba menambahkan lagi ruangan IGD apabila pasien banyak tertumpuk di IGD,” ungkapnya.

Hidayat berharap semua masyarakat bisa terlayani dengan baik di RS Anutapura, dan pihaknya telah menegaskan hal itu kepada Direktur RS Anutapura.

“Saya tidak ingin lagi mendengar keluhan masyarakat dalam hal pelayanan RS Anutapura ini,” tegasnya.
 
“Saya bersama Wakil Wali Kota Palu telah bersepakat, siapa yang tidak beres, pihaknya tidak segan-segan akan menggantinya, itu komitmen kami,” ujarnya.

Sementara Direktur RS. Anutapura Palu dr. Ruslan Ramlan Ramli, S.Ps mengatakan Wali Kota Palu bersama Wawali ingin meningkatkan kenyamanan dan pelayanan di RS Anutapura.

“Karena dari segi sarana dan prasarana mereka melihat telah terpenuhi,” katanya.

“Mereka juga meminta jangan ada perbedaan antara kelas VIP dan kelas III. Perbedaanya di beberapa kelas ini hanya jumlah tempat tidur. Namun untuk kenyamanan, mereka minta harus sama, seperti memasukkan AC dan lainnya di bangsal Kelas III,” ungkapnya.

Ruslan mengaku pihaknya diizinkan oleh Wali Kota Palu untuk mengajukan pengadaan untuk melengkapi kenyamanan di RS Anutapura.
 
“Jumlah ruangan kelas III sebanyak 225, jumlah tempat tidur sebanyak 527, kelas II sebanyak 150 ruangan, VIP sebanyak 20 ruangan, dan VVIP ada delapan ruangan, selebihnya adalah ruang ICU dan ruangan bayi,” ujarnya.

Jika ada penambahan AC, kata dr. Ruslan,  kemungkinan yang berkapastitas besar.

“Kami tidak meragukan daya listrik RS Anutapura, daya listrik disini terbilang cukup,” jelasnya. 

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.