Saturday, 22 September, 2018 - 15:10

Warga Bonesompe Rayakan Lebaran Ketupat

TRADISI - Warga menikmati menu makanan yang disajikan secara gratis pada Lebaran Ketupat di Kelurahan Bonesompe, Kecamatan Poso Kota Utara, Poso, Kamis 21 Juni 2018, pagi. (Foto: Ryan Darmawan/ Metrosulawesi)

Poso, Metrosulawesi.com - Sepekan setelah hari hari raya Idul Fitri 1439 Hijriah, warga di Kelurahan Bonesompe, Kecamatan Poso Kota Utara merayakan tradisi Lebaran Ketupat, Kamis 21 Juni 2018, pagi.

Lebaran ketupat dilaksanakan untuk meningkatkan ukhuwah umat. Tak hanya warga Kelurahan Bonesompe saja, warga dari Kelurahan lain pun datang merayakan Lebaran Ketupat tersebut. Hadir pula Lurah Bonesompe, Babinsa, Bhabinkamtibmas dan anggota DPRD dari Fraksi PKS.

Suasana lebaran ketupat seperti yang terlihat di RT 10, dengan membuat tenda di lokasi Masjid An-Nur, warga kemudian menyediakan berbagai menu makanan dan minuman yang disediakan secara gratis.

Seorang warga Bonesompe, Alfian Pian mengatakan, lebaran ketupat dapat mempererat silaturahmi dengan teman, tetangga, keluarga maupun orang yang belum dikenal sekalipun.

Kata Pian, tradisi lebaran ketupat ini setiap tahunya selalu digelar oleh warga Bonesompe dengan menggunakan dana secara swadaya oleh masyarakat. Sehingga momen lebaran ketupat sangat penting sekali dilaksanakan.

"Hampir setiap tahun kami merayakan lebaran Ketupat ini. Makanan dan minuman yang disaji dananya secara swadaya," ungkap Pian pemain sepak bola Poso ini.

Warga lainya Jalil menyampaikan, Lebaran Ketupat ini tanpa memandang suku maupun agama siapa saja bisa datang bergembira. Selain menyediakan makanan gratis dan bersilaturahmi, lebaran ketupat di Kelurahan Bonesompe ini juga diramaikan dengan hiburan musik organ oleh warga.  

 

Editor: Syamsu Rizal