Thursday, 29 June, 2017 - 08:26

Warga Doyan Belanja Dorong Pertumbuhan Ekonomi 5,02%

Kantor BPS Sulteng.

Jakarta, Metrosulawesi.com - Badan Pusat Statistik (BPS) merilis peningkatan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang cukup tinggi. Faktor utama datang dari konsumsi rumah tangga.

"Konsumsi rumah tangga tumbuh 5,01%," kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kecuk Suhariyanto di Kantor Pusat BPS, Jakarta, Senin (6/2/2017), seperti dikutip dari detik finance.

Dengan angka pertumbuhan seperti itu menunjukkan orang Indonesia masih doyan belanja.

Porsi kedua terbesar terhadap ekonomi Indonesia adalah Pembentuan Modal Tetap Bruto (PMTB) tumbuh 4,4%. Hasilnya memang tidak seperti yang diharapkan karena belanja modal pemerintah lebih rendah dari tahun 2015.

Pertumbuhan ekonomi ini lebih tinggi dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang sebesar 4,88%.

Realisasi ini tidak terlepas dari kondisi perekonomian global pada kuartal IV-2016 yang menunjukkan peningkatan, meski belum merata di seluruh negara. Salah satunya terlihat dari harga komoditas internasional.

"Selama kuartal IV-2016 harga komoditas di pasar global mulai meningkat, minyak merangkak naik berdampak kepada ekspor dan impor,"kata Kecuk.

Tags: 
Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.