Tuesday, 26 September, 2017 - 13:48

Warga Moutong Sudah Punya Rumah Sakit

DIRESMIKAN - Gubernur Sulawesi Tengah, Longki Djanggola didampingi Wakil Bupati Parimo, Badrun Nggai dan Ketua DPRD Parimo, Santo, menandatangani prasasti peresmian Rumah Sakit Pratama Moutong, di desa Salumpengut Kecamatan Moutong. (Foto : Andi Sadam)

Parimo, Metrosulawesi.com - Setelah sekian lama menunggu, warga Kecamatan Moutong akhirnya memiliki rumah sakit. Dengan begitu, warga tidak perlu jauh-jauh lagi berobat hingga ke ibukota Kabupaten di Parigi yang jaraknya mencapai 300 km lebih. Rumah sakit tipe D itu diresmikan pemanfaatannya oleh Gubernur Sulawesi Tengah, Longki Djanggola di desa Salumpengut Kecamatan Moutong, belum lama ini.

Prosesi peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti, dilanjutkan pembukaan selubung nama rumah sakit oleh Gubernur Longki Djanggola didampingi Wakil Bupati Parimo, Badrun Nggai dan pengguntingan pita oleh Ketua TP-PKK Provinsi Sulawesi Tengah, Zalzulmida A Djanggola.

Setelah peresmian, Wakil Bupati Badrun Nggai langsung melantik Direktur Rumah Sakit Pratama dan para pejabat eselon IV yang akan mengelola rumah sakit itu.

Rumah Sakit Pratama itu juga telah didukung dengan 3 orang dokter umum, 25 orang perawat, 9 orang bidan, 3 orang tenaga farmasi,  5 orang tenaga kesehatan masyarakat dan 2 orang tenaga sanitarian.

Gubernur Sulawesi Tengah, Longki Djanggola dalam sambutannya mengatakan, pembangunan bidang kesehatan menjadi program primadona Pemerintah Provinsi. Apalagi secara geografis, wilayah Kabupaten Parigi Moutong cukup luas, garis pantainya mencapai 472 km, sehingga membutuhkan sarana dan prasarana kesehatan yang bisa menjangkau seluruh masyarakat.

Menurutnya, kehadiran rumah sakit itu tidak datang begitu saja, tapi membutuhkan proses yang cukup panjang.

"Saya masih ingat bagaimana awal mulanya direncanakan pembangunan rumah sakit ini tahun 2005, saat itu saya masih Bupati,"ujar Longki dalam sambutan peresmian rumah sakit, Jumat (22/1/2016).

Bahkan katanya, saat itu banyak yang meragukan rencana pembangunan rumah sakit itu dan mengaitkannya dengan kepentingan politik.

"Namun segala keraguan itu terjawab sudah, kita bisa menyaksikan bersama peresmian rumah sakit pratama Moutong," kata Longki.

Gubernur berharap dengan hadirnya rumah sakit itu masyarakat bisa mendapatkan pelayanan kesehatan lebih baik."Layanilah masyarakat tanpa harus dibeda-bedakan kaya atau miskin, semua harus dilayani dengan baik, jangan sampai ada keluhan,"tegasnya.

Sementara,Wakil Bupati Badrun Nggai dalam sambutannya, mengatakan dengan hadirnya rumah sakit itu, akses pelayanan kesehatan terhadap masyarakat, khususnya yang tinggal di wilayah utara Kabupaten Parimo menjadi lebih mudah. 

"Dengan hadirnya rumah sakit pratama Moutong, warga yang ingin mendapatkan pelayanan kesehatan tidak perlu jauh lagi ke Parigi atau Tinombo. Untuk itu saya harapkan kepada masyarakat tolong dijaga dengan baik bangunan rumah sakit ini, jangan dicoret coret,"tandasnya.

 

Editor : Subandi Arya

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.