Wednesday, 19 September, 2018 - 11:09

Waspada Tujuh Jalur di Poso

APEL - Tampak Kapolres Poso Bogiek saat inspeksi pasukan dalam persiapan upacara Apel pengamanan Lebaran 2018, Rabu lalu. (Foto: Ryan Darmawan/ Metrosulawesi)

Poso, Metrosulawesi.com - Kapolres Poso AKBP Bogiek Sugiyarto mengingatkan para pengguna jalan raya yang akan mudik, mewaspadai sejumlah titik rawan atau jalur-jalur ruas jalan.

Kapolres menyebutkan, dari pemetaan yang dilakukan Polres Poso ada 7 jalur yang perlu di waspadai oleh pemudik seperti, jalur sebagian Poso Pesisir Utara, jalur Poso Pesisir, sejumah ruas jalan di dalam kota Poso, jalur Pamona Timur, serta jalur yang berada di wilayah Kecamatan Pamona Selatan.

“Selain peringatan berupa rambu-rambu lalulintas di zona zona rawan ini ada juga pos pengamanan yang kami dirikan," ungkap Bogiek Sugiyarto kepada sejumalah awak media usai memimpin upacara apel gabungan dalam rangka pengamana lebaran yang dilaksanakan di halaman Mapolres Poso, Rabu lalu.

Dia mengatakan, dalam rangka pengamanan dan pelayanan arus mudik untuk menghadapi Hari Raya Idul Fitri 1439 H tahun 2018, Polres Poso membentuk 7 pos pengamanan serta 2 pos pelayanan di sepanjang jalur trans Sulawesi yang masuk dalam wilayah hukum Polres Poso.

“Tujuh pos pengamanan tersebut berkedudukan di Polsek-Polsek yang berada di jalur trans Sulawesi. Sementara untuk pos pelayanan terletak bundaran kota Poso serta pos yang berada di Bandara Kasiguncu Poso".

Dalam pengamanan lebaran tahun 2018 ini kata Kapolres Bogiek, tidak hanya melibatkan pihak Kepolisian saja,  tapi juga melibatkan pihak TNI, Pol PP, Dinas Kesehatan Kabupaten Poso, serta sejumlah stakeholder lainnya.

“Dalam operasi Ketupat Tinomabala 2018 kita melibatkan 260 personel gabubangan tang terdiri dari TNI/Polri, Pol, PP, Dinas Perhubungan Poso, serta unsure stakehoder lainnya," jelas Kapolres Bogiek.

Saat disinggung terkait adanya potensi ancaman teror, Kapolres Bogiek mengatakan hal ini masih terkait kelompok DPO Ali Kalora yang saat ini masih dalam pengejaran dan berada di wilayah pegunungan dan masuk dalam wilayah kecamatan Poso Pesisir Bersaudara.

“Untuk antispasi ancaman teror ini, selain intensitas pengamanan yang terus dilakukan pihak Polres Poso, saat ini ada juga antisipasi yang dilakukan pihak aparat kemanan yang masih melakukan operasi keamanan dengan sandi Tinombala," terang Kapolres. 


Editor: Syamsu Rizal