Thursday, 20 September, 2018 - 02:28

Wawali: Program Indonesia Sehat Sudah Berjalan

Penandatanganan MoU Kepala Puslitbang Sumber Daya dan Pelayanan Kesehatan Balitbangkes, Kemenkes RI, Irmansyah dan Kepala Dinas Kesehatan Kota Palu, dr Royke Abraham yang disaksikan oleh Wakil Walikota Palu, Sigit Purnomo Said di Ruang Bantaya Kantor Walikota Palu, Kamis, 5 Juli 2018. (Foto: Humas Pemkot)

Palu, Metrosulawesi.com - Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI akan melakukan Survei Indikator Kesehatan Nasional (Sirkesnas) di Kota Palu Sulawesi Tengah. Sirkesnas bertujuan untuk memantau capaian target indikator program kesehatan melalui Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) yang akan menilai keberhasilan program pembangunan kesehatan. 

Sirkesnas akan menghasilkan segala informasi terkait capaian target indikator pembangunan kesehatan dan indeks pembangunan kesehatan masyarakat. Pelaksanaan Sirkesnas di Kota Palu ditandai dengan acara sosialisasi dan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) Kepala Puslitbang Sumber Daya dan Pelayanan Kesehatan Balitbangkes, Kemenkes RI, Irmansyah dan Kepala Dinas Kesehatan Kota Palu, dr Royke Abraham tentang penelitian implementatif Program Indonesia Sehat dengan pendekatan keluarga di Ruang Bantaya Kantor Walikota Palu, Kamis, 5 Juli 2018.

Wakil Wali Kota Palu, Sigit Purnomo Said dalam penandatangan MoU menyatakan percepatan capaian program Indonesia sehat di Kota Palu pada dasarnya sudah dilakukan dengan sejumlah kebijakan bidang kesehatan, diantaranya dengan mencanangkan pelayanan kesehatan murah, terjangkau dan berkualitas. Menurutnya, itu adalah bagian dari visi misi Pemkot Palu.

"Karenanya kami sangat mengapresiasi kegiatan sosialisasi pelaksanaan riset implementasi keluarga ini," kata Pasha, sapaan akrabnya. 

Wawali Sigit berharap hasil riset implementasi keluarga sehat tersebut nantinya akan melahirkan profil kesehatan keluarga di Kota Palu, sehingga permasalahan dan tingkat keberhasilan implementasi keluarga sehat Kota Palu dapat dipetakan.

"Jika keluarga di Palu sehat dan Sulawesi tengah sehat, maka program Indonesia sehat bisa tercapai," katanya.

Kegiatan sosialisasi dihadiri pejabat Dinas Kesehatan Kota Palu dan Sulawesi Tengah. Usai penandatangan, kegiatan dilanjutkan dengan diskusi tentang program dan capaian indikator kesehatan di Kota Palu.