Friday, 20 April, 2018 - 14:44

Wiranto: Pilkada Harus Aman dan Damai

HADIRI RAKORNAS - Gubernur Sulteng H Longki Djanggola saat menghadiri Rakornas Persiapan Pilkada Serentak 2018 di Hotel Grand Sahid Jakarta, Selasa, 20 Februari 2018. (Foto: Humas Pemprov)

Palu, Metrosulawesi.com - Gubernur Sulteng H Longki Djanggola menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Persiapan Pilkada Serentak 2018 di Hotel Grand Sahid Jakarta, Selasa, 20 Februari 2018.

Gubernur dalam kesempatan ini didampingi Pjs Bupati Parigi Moutong Moh Nadir, Pjs Bupati Donggala Moh Muchlis dan Plt Karo Humas dan Protokol Setdaprov Sulteng Moh Haris.

Rakornas dibuka oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam), Wiranto yang diikuti kepala daerah peserta Pilkada serentak dari seluruh Indonesia.

Wiranto saat membuka Rakornas mengatakan gubernur sebagai perpanjangan tangan Pemerintah Pusat di daerah harus dapat melaksanakan Pilkada dengan aman, tertib dan damai.

“Pelaksanaan Pilkada ini akan dilanjutkan dengan tahapan pelaksanaan pemilihan legislatif dan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden pada 2019. Olehnya harus ditangani dengan serius karena menentukan nasib bangsa kedepan,” ujarnya.

Rakornas ini diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), dalam rangka penyamaan persepsi antarpemangku kepentingan jelang Pilkada serentak. Tidak hanya membahas mengenai Pilkada, Rakornas juga membahas persiapan pemilu legislatif dan pemilu Presiden 2019.

"Penyelenggaraan Pilkada ini merupakan ukuran dari proses demokrasi di Indonesia, ini milik kita semua, bukan milik Kemendagri saja," tutur Wiranto.

Selain tanggungjawab gubernur, Wiranto menyatakan seluruh elemen yang terlibat dalam proses pemilihan harus turut bertanggungjawab dalam menjalakan tugasnya.

"Setiap elemen harus sadar akan tugasnya masing-masing, ini milik kita bersama, kehormatan bangsa kita pertaruhkan," kata Wiranto.

Gubernur dalam kapasitasnya sebagai kepala daerah diminta memfasilitasi pelaksanaan Pilkada dengan baik dan menjaga netralitas PNS betul. Menkopolhukam juga mengharapkan agar pihak keamanan dapat menjamin terlaksananya pesta demokrasi ini tanpa isu sara dan hoax.

“Demikian juga KPU dan Bawaslu harus dapat melaksanakan Pilkada ini dengan baik,” tandasnya.

Rakornas turut dihadiri Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur serta beberapa pejabat terkait.         


Editor: Elwin