Tuesday, 25 September, 2018 - 05:39

Wisata Mabes Bukit Sayo, Indahnya Kota Poso dari Ketinggian

WISATA ALAM - Destinasi wisata alam yang berada di ketinggian puncak gunung di Kelurahan Sayo, Kecamatan Poso Kota Selatan. (Foto: Ryan Darmawan/ Metrosulawesi)

Poso, Metrosulawesi.com - Kabar menggembirakan untuk warga di Kabupaten Poso, bahwa saat ini Poso telah memiliki destinasi baru wisata alam yang dapat dikunjungi oleh warga.

Destinasi wisata alam tersebut berada di ketinggian puncak gunung di Kelurahan Sayo, Kecamatan Poso Kota Selatan. Tempat rekreasi itu di beri nama wisata mangga dua oleh warga. Karena terdapat dua buah pohon mangga besar (Mabes) di lokasi tersebut.

Dari wisata mangga dua itulah kemudian terlihat keindahan kota Poso dari atas bukit, serta bisa menikmati udara segar dari atas ketinggian.

Selain itu di lokasi mangga dua juga terdapat tempat-tempat santai yang bisa digunakan untuk melihat pemandangan seperti rumah bambu, perahu dan sarang burung.

Namun untuk bisa sampai ke wisata mangga dua, warga sebelumnya harus berjalan sejauh 1 kilo setengah.

Tak hanya warga Poso saja, destinasi wisata alam itu juga telah banyak didatangi warga yang berada dari luar kota Poso seperti Makassar, Solo, Ampana dan Tentena. Warga juga kemudian berselfie ria untuk diabadikan saat berada di lokasi wisata itu.

Lurah Sayo Rahmat Usman kepada media ini menyampaikan, awal ditemukan destinasi wisata alam itu oleh anak-anak muda yang akan menikmati malam pergantian tahun baru 2018.

"Destinasi wisata alam itu pertama ditemukan oleh anak-anak muda yang akan menikmati malam tahun baru. Sehingga dikembangkan dan terkenal sekarang," ucapnya.

Rahmat Usman mengatakan, dengan adanya wisata alam yang baru di Poso itu bisa dikelola dan menghasilkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

"Pengembangan objek wisata bisa dikembangkan dan dikelola mendapatkan PAD," ujar Lurah Sayo. Minggu 25 Februari 2018.

Wisata mangga dua tersebut bahkan saat ini sudah mencapai ratusan warga yang terus berdatangan ingin menikmati keindahan kota Poso dari atas bukit. Wisata mangga dua juga kini menjadi viral di medsos.


Editor: Syamsu Rizal