Saturday, 22 September, 2018 - 10:11

Wujudkan Pembangunan dari Desa

M Faisal. (Foto: Ist)

Donggala, Metrosulawesi.com – Ada semangat untuk mengabdi membangun desa, begitu pandangan Muhamad Faisal kemudian mencoba keberuntungannya berkompetisi meraih kursi di parlemen (DPRD) Donggala.

Lewat Partai Hanura dari Dapil Sirenja, bermimpi untuk menjadi legislator, karena lewat lembaga tersebut bisa ikut memberi kontribusi pemikiran bagaimana mewujudkan pembangunan dari desa.

Menurutnya, membangun desa dalam konteks UU No 6 Tahun 2014 setidaknya mencakup upaya-upaya untuk mengembangkan keberdayaan dan pembangunan masyarakat desa di bidang ekonomi, sosial, dan kebudayaan.

‘’Dalam implementasi program tidak cukup hanya menyediakan basis dukungan finansial terhadap rakyat miskin, tapi juga mendorong usaha ekonomi desa dalam arti luas,’’ tandasnya.
 
Ditambahkan, penciptaan kegiatan-kegiatan yang membuka akses produksi, distribusi, dan pasar bagi rakyat desa dalam pengelolaan kolektif dan individu mesti berkembang dan berlanjut.

Dalam rangka membangun good governance di era reformasi, sebutnya, mewujudkan pemerintahan yang baik menjadi sesuatu hal yang tidak dapat ditawar lagi, dan mutlak terpenuhi, sehingga pemetaan governance di desa terdiri dari empat elemen utama yaitu negara (pemerintah desa), masyarakat politik (Badan Perwakilan Desa), masyarakat sipil (institusi dan organisasi sosial), dan masyarakat ekonomi (organisasi masyarakat ekonomi, arena produksi dan distribusi yang dilakukan pelaku dan organisasi ekonomi desa).

‘’Dengan tata kelola pemerintahan desa yang baik, dengan penerapan prinsip-prinsip good governance, maka upaya kemandirian desa dapat tercapai,’’ terangnya.

Tags: