Wednesday, 19 September, 2018 - 11:47

Zainuddin: Jika Bisa, DPRD akan Ambil Alih Soal Wagub

Zainuddin Tambuala. (Foto: Dok Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.com - Meskipun sejumlah nama calon Wakil Gubernur (Wagub) Sulawesi Tengah silih berganti bermunculan, namun nama-nama itu tak kunjung sampai di DPRD Sulawesi Tengah. Entah apa penyebabnya, yang pasti kursi Wagub sudah kosong hampir dua tahun.

Menyikapi hal itu, Ketua Panitia Pemilihan (Panlih) DPRD Sulawesi Tengah, Zainuddin Tambuala, menyesalkan urusan Wagub belum menemukan titik temu. Seharusnya Gubernur dan partai pengusung mencari jalan tengah, bukannya saling mempertahankan ego, sebab kursi Wagub harus segera diisi demi kepentingan masyarakat Sulawesi Tengah.

“Soal Wagub memang ranah partai pengusung dan gubernur. Tapi, bila melihat dinamika yang terjadi saat ini, kesannya kursi Wagub sengaja tidak di isi. Sangat disayangkan kalau hal ini sampai terjadi. Yang dirugikan masyarakat Sulawesi Tengah,” ujar Zainuddin, belum lama ini.

Lanjutnya, DPRD khususnya Panlih tidak menginginkan persoalan Wagub ini terkatung-katung. Panlih akan melihat kembali regulasi yang mengatur pemilihan Wagub, bila memungkinkan DPRD mengambil alih pengusulan Wagub, tentunya DPRD akan menjalankannya.

“Kita lihat regulasinya dulu, bila pengusulan nama Wagub bisa diambil alih DPRD, kenapa tidak, sepanjang aturannya ada. Tapi alangkah baiknya bila masalah Wagub ini berjalan sebagaimana mestinya,” tegas Zainuddin.

Sudah setahun lebih urusan Wagub belum menemukan titik terang. Beberapa nama yang belakangan bermunculan tak kunjung dikirim ke DPRD. Bahkan baru-baru ini Gubernur kembali memunculkan tiga nama yakni Faizal Mang, Anwar Hafid dan Novan Saleh. Sayangnya nama-nama yang dimunculkan itu kesannya sepihak, sebab partai pengusung belum bulat mendukung ketiganya untuk dibahas.

Saling mempertahankan ego antara partai pengusung dan gubernur ditengarai penyebab buntunya usulan Wagub. bila hal ini berlanjut hingga masa jabatan Longki Djanggola sebagai gubernur tersisa 18 bulan, maka usulan Wagub tidak bisa dilanjutkan.