Sunday, 25 June, 2017 - 20:12

Zalzulmida Kokoh di Kursi Ketua Komisi IV

ILUSTRASI - Zalzumida A Djanggola. (Grafis : Metrosulawesi)

SUSUNAN AKD DPRD SULTENG
  • KOMISI I: Ketua: Sri Indraningsih Lalusu (PDIP), Wakil Ketua: Vera Mastura (Golkar), Sekretaris: Rusli Dg Palabbi (PAN).
  • KOMISI II: Ketua: Lukky Semen (PDIP), Wakil Ketua: Aminullah BK (PKB), Sekretaris: Ronal Gulla (PAN).
  • KOMISI III: Ketua: Zulfakar Naser (Demokrat), Wakil Ketua: Moh. Masykur (Nasdem), Sekretaris: Huisman Brant T. (PDIP).
  • KOMISI IV: Ketua: Zalzulmida Djanggola (Gerindra), Wakil Ketua: Zainuddin Tambuala (PKS), Sekretaris: Marlela Daeng Sute (Demokrat)
  • BAPERDA: Ketua: Erwin Burase (Golkar), Wkl Ketua: Aminullah BK (PKB).

Yahdi Tumbang Rebutan Ketua Baperda DPRD Sulteng

Palu, Metrosulawesi.com - Perombakan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulteng berakhir setelah terpilihnya Ketua Badan Pembentukan Peraturan Derah (Baperda) Erwin Burase, Senin sore, 8 Mei 2017.

Pemilihan dilakukan melalui mekanisme voting tertutup dengan 10 anggota dewan sebagai pemilik hak suara dari fraksi-fraksi yang ada. Dalam memperebutkan kursi Ketua Baperda, Erwin  yang merupakan Fraksi Golkar bersaing ketat dengan Yahdi Basma dari Fraksi Nasdem dengan melalui dua putaran voting.

Pemilihan dibuka sekitar pukul 14.00 WITA oleh pimpinan sidang Wakil Ketua DPRD Sulteng Alimuddin Paada untuk tahap pertama memilih Wakil Ketua Baperda yang dimenangkan Aminullah BK dari Fraksi PKB.

Setelah wakil ketua terpilih, dilanjutkan pemilihan calon ketua melalui mekanisme yang sama. Pada pemilihan ketua, voting terpaksa dilakukan dua putaran karena hasil suara berimbang pada putaran pertama yaitu masing-masing lima suara antara Erwin dan Yahdi.

Namun pada voting putaran kedua yang telah didahului break dan lobi-lobi, Yahdi tumbang dan harus menerima kekalahan dengan selisih satu suara yakni enam untuk Erwin, empat suara untuk-nya. Sidang yang ditutup sekitar pukul 16.00 WITA itupun akhirnya menetapkan Erwin Burase sebagai ketua Baperda DPRD Sulteng.

Ketua Fraksi Nasdem DPRD Sulteng Muh Masykur mengatakan proses pemilihan AKD Baperda telah berlangsung sebagaimana harusnya. Kalah atau menang menurutnya bukan hal yang harus dipertentangkan selama proses yang terlaksana sesuai mekanisme yang disepakati.

“Sebagai ketua fraksi saya mengucapkan selamat kepada Ketua Baperda terpilih, semoga langsung bisa bekerja sesuai tugas dan fungsinya,” ujar Masykur.

Sebelumnya pada Senin pagi (8/5), pemilihan AKD juga berlangsung memilih pimpinan Komisi IV. Hj Zalzumida A Djanggola kokoh di kursi ketua Komisi IV. Istri H Longki Djanggola (Gubernur Sulteng) ini terpilih sebagai ketua untuk kedua kalinya melalui rapat internal di Ruang Komisi IV DPRD Sulteng yang berada di Jalan Sam Ratulangi, Palu itu.

Selain Zalzulmida, Zainuddin Tambuala dari PKS dipilih sebagai wakil ketua dan Marlela Daeng Sute dari Fraksi Demokrat sebagai Sekretaris.

Sementara posisi pimpinan AKD yang telah terpilih sebelumnya yaitu Komisi I dipimpin Sri Lalusu dari Fraksi PDI Perjuangan, Komisi II diketuai Lukky Semen dari Fraksi PDI Perjuangan dan Komisi III dipimpin Zulfakar dari Fraksi Demokrat.

Wakil Ketua DPRD Alimuddin Paada menerangkan, untuk sidang paripurna penetapan AKD masih akan menunggu hasil pertemuan para pimpinan legislator Sulteng.

“Sebentar malam (kemarin,red) ada pertemuan pimpinan untuk membicarakan jadwal sidang paripurna, mudah-mudahan bisa secepatnya agar langsung bekerja,” terang Alimuddin.


Editor : Udin Salim

Kirim Komentar Anda
Budayakan beri komentar terkait artikel yang ditayangkan. Komentar adalah tanggapan pribadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim, tidak mewakili kebijakan redaksi METROSULAWESI dot com. Redaksi berhak mengubah atau menghapus komentar sesuai dengan Pedoman Komunitas.