Monday, 23 July, 2018 - 08:17

Zamra dan Irhes Bersaing, Beramal Unggul Sementara

ILUSTRASI - dr Amirudin Rauf dan Irianto Malingong. (Grafis : Metrosulawesi)

HASIL REAL COUNT PILKADA BANGKEP & BUOL
  • Pilkada Bangkep Versi Tim Sukses Irhes: (1) Delmard Siako-Nadjib Bangunan 13.02%, (2) Hery Lundong-Adjumain Lumbon. 14.92%, (3) Zainal Mus-Rais Adam. 34.23%, (4) Irianto Malinggong-Hesmon FVL 37.83 % [Jumlah suara yang masuk 97 persen].
  • Pilkada Buol Versi Tim Sukses Beramal: (1) dr Amirudin- Abdullah Batalipu. 46.82%, (2) H. Efendi Nonci-Syarmin DJ. Mairoto. 11.56%, (3) DR Syamsudin Koloi-Dra Hj. Nurseha. 41.62%.
  • Pilkada Buol Versi Tim Sukses Bersinar: (1) dr Amirudin- Abdullah. Batalipu. 47,5%, (2) H. Efendi Nonci-Syarmin DJ. Mairoto. 11.2%, (3) DR Syamsudin Koloi-Dra Hj. Nurseha. 41.3% [Jumlah suara yang masuk 78,5 persen]
HASIL SITUNG KPU
  • Pilkada Buol: Amirudin Rauf-H. Abdullah Batalipu (48,09%), H. Efendi Nonci- Syarmin Dj. Daimaroto (8,36%), H. Syamsudin Koloi- Hj. Nurseha (43,55%). [Data masuk : 25 dari 295 TPS]
  • Pilkada Bangkep: Delmard Siako H. Nadjib Bangunan (5,30%), Hery Ludong -Adjumain Lumbon (16,24%), H. Zainal Mus-H. Rais D. Adam (43,43%), H. Irianto Malingong-Hesmon Firatoni (35,04%). [Data masuk : 50 dari 268 TPS]

Palu, Metrosulawesi.com - Hasil penghitungan sementara pemilihan kepala daerah (Pilkada) di dua kabupaten di Sulteng—Banggai Kepulauan dan Buol, dua pasangan calon (paslon) saling kejar. Pasca pencoblosan di dua daerah itu, situasi tetap kondusif.

Berdasarkan hasil hitung cepat yang dikutip dari aplikasi situng (system hitung) cepat milik KPU hingga pukul 22.30 Wita, untuk Pilkada Buol, paslon nomor urut 1 (dr Amirudin Rauf-H Abdullah Batalipu) meraih sebanyak 48,09 persen (3.446 suara). Disusul paslon nomor urut 3 (Syamsudin Koloi-Nurseha) sebanyak 43,55 persen (3.120 suara). Di urutan ketiga paslon nomor 2 (H Efendi Nonci-Syarmin Dj Daimaroto) meraih 8,36 persen (599 suara). Suara yang masuk berasal dari 25 TPS dari 295 TPS yang ada di Kabupaten Buol.

Sementara itu hasil Pilkada Bangkep, dua pasangan (Zainal Mus-H Rais Adam) Zamrah dan Irhes (Irianto Malingong- Hesmon Firatoni) Irhes, masih saling kejar. Namun berdasarkan hasil Situng KPU, unggul sementara paslon nomor urut 3 (H Zainal Mus-H Rais Adam) dengan raihan suara sementara 43,43 persen (5.855 suara). Di urutan kedua paslon nomor urut 4 (H Irianto Malingong-Hesmon Firatoni) sebanyak 35,04 persen (4.725 suara). Selanjutnya paslon nomor urut 2 (Hery Ludong-Adjumain Lumbon) 16,24 persen (2.189 suara). Posisi terakhir paslon nomor urut 1 (Delmard Siako-H Nadjib Bangunan) 5,30 persen (714 suara). Suara yang masuk itu berasal dari 50 TPS dari 268 TPS.

Data yang diperoleh Metrosulawesi dari masing-masing tim sukses justru berbeda. Masing-masing tim sukses mengajukan data yang memenangkan paslonnya.
 
Data yang diperoleh dari tim sukses paslon Irianto-Hesmon (Irhes) di Bangkep menunjukkan paslon nomor empat Irianto Malinggong-Hesmon FVL (Irhes) unggul sementara dengan raihan 37.83 persen suara. Posisi kedua paslon nomor 3 Zainal Mus-Rais Adam (Zamra) meraih 34.23%. Di urutan ketiga paslon nomor urut 1 (Delmard Siako-Nadjib Bangunan) meraih 13.02%, di urutan paling akhir paslon nomor urut 2 Hery Lundong-Adjumain Lumbon 14.92%. Jumlah suara yang masuk berdasarkan hasil hitung cepat tim sukses Irhes ini telah mencapai 97 persen.

Di Pilkada Buol, Metrosulawesi juga memperoleh hasil hitung cepat dari dua tim sukses. Dari hasil itu, paslon Amirudin Rauf-Abd Batalipu unggul sementara.

Versi Tim Sukses Beramal (Amirudin-Abd. Batalipu), paslon yang menang adalah paslon nomor 1 (dr Amirudin- Abdullah Batalipu) meraih 46.82%, paslon dua (H. Efendi Nonci-Syarmin DJ. Mairoto) 11.56% dan paslon nomor 3 (DR Syamsudin Koloi-Dra Hj. Nurseha) 41.62%. Sementara dara dari Tim Sukses Bersinar (Syamsudin Koloi-Nurseha), paslon nomor 1 (dr Amirudin- Abdullah Batalipu) 47,5%, paslon nomor 2 (H. Efendi Nonci-Syarmin DJ. Mairoto) 11.2, sedangkan paslon 3 (DR Syamsudin Koloi-Dra Hj. Nurseha) meraih 41.3%. Jumlah suara yang masuk 78,5 persen.

Sementara itu, Jaringan Suara Indonesia (JSI), sebuah lembaga yang melakukan quick count di Pilkada Banggai Kepulauan (Bangkep) menempatkan pasangan nomor urut 3, H Zainal Mus dan H Rais D Adam sebagai peraih suara terbanyak dengan persentase 39,92 persen.

Sedangkan pasangan nomor urut 4 yakni H Irianto Malingong dan Hesmon Firatoni Pandili berada di urutan kedua dengan persentase 33,53%. Di urutan ketiga dan keempat masing-masing Hery Ludong dan Adjumain Lumbon (15,01 %) dan Delmard Siako dan H. Nadjib Bangunan (11,53%).

Manager Strategi Jaringan Suara Indonesia Astariadi Kurniawan mengatakan, hitung cepat dilakukan di 165 TPS di Bangkep sebagai sampling. Persentasi suara yang sudah masuk dalam sistem penghitungan cepat JSI yakni 100%.

“Berdasarkan hasil quickcount Jaringan Suara Indonesia (JSI) maka pasangan Zainal Mus dan Rais Adam unggul dalam perolehan suara pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Banggai Kepulauan,” kata Astariadi Kurniawan dalam konferensi pers di Swisbell Hotel, Palu, Rabu 15 Februari 2017.

Dia menjelaskan, pemilihan sampel dalam hitung cepat ini menyebar secara proporsional dan dipilih secara acak di seluruh Bangkep. Menggunakan sampling multistage random sampling dengan sampling error kurang lebih 1%.

Astariadi Kurniawan menegaskan, dalam hitung cepat di Pilkada Bangkep JSI menggunakan pembiayaan sendiri dan tidak ada sponsor dari partai politik atau pasangan calon.

“Tidak ada yang sponsori tapi hasrat lembaga kami untuk riset, ini kegiatan ilmiah dengan menggunakan metode,” kata Supervisor Riset, Farid.

Hasil quick qount ini juga memperlihatkan bahwa partisipasi yang cukup tinggi yakni 85,18 %. Adapun tingkat kepercayan terhadap hitung cepat yang dilakukan JSI yakni 95.

Sementara itu, Komisioner KPU Sulteng Muhammad Ramlan Salam meminta kepada semua pihak agar bersabar menunggu hasil resmi KPU. Dia menjelaskan, KPU akan melakukan rekapitulasi secara berjenjang sampai pada penetapan oleh KPU kabupaten.

Saat ini, KPU juga merilis hasil penghitungan melalui aplikasi sistem informasi penghitungan suara (Situng). Masyarakat bisa memantau perolehan suara pasangan calon baik di Buol maupun di Bangkep melalui aplikasi Situng yang bisa diakses di situs resmi KPU.

“Targetnya tiga hari ke depan sudah terapload semua. Meskipun itu bukan hasil final karena perolehan suara akan diplenokan di PPK dan KPU kabupaten,” katanya.

Terpisah, Komisioner KPU Sulteng Samsul Y Gafur yang sedang memantau Pilkda di Bangkep mengatakan, operator di KPU Bangkep terus berupaya mengapload perolehan suara berbasis C1 dalam Situng.

“Operator KPU Bangkep terus bekerja untuk memasukkan data perolehan suara sesuai formulir C1 dari TPS. Sampai sekarang pukul 21.30, formulir C1 dari tiga kecamatan di Bangkep sudah masuk ke KPU untuk segera di upload,” kata Samsul dihubungi dari Palu, tadi malam.

Sementara, formulir C1 dari kecamatan lainnya sudah dijemput untuk selanjutnya juga akan diupload dalam aplikasi Situng.

Samsul juga mengungkapkan, proses pungut hitung di semua TPS di Bangkep berjalan dengan lancar. Pihaknya tidak mendapatkan laporan terjadinya hal-hal yang tak diinginkan di TPS. Siang kemarin, kotak suara juga sudah dibawa dari TPS ke PPK.

“Gejolak masyarakat tugas aparatur keamanan. Kami berkoordinasi dengan aparat keamanan, pasca pungut hitung dan sampai sekarang terpantau aman. Kepolisian juga sudah mengimbau agar pasangan calon tidak melakukan kegiatan yang bisa memicu kerawanan seperti pawai,” kata Samsul.

Mengenai partisipasi pemilih, menurut Samsul cukup tinggi. Hasil pantauan, kata dia di salah satu TPS di dusun yang terpencil yakni di Dusun Momotan, Kecamatan Tinakung hampir 94 persen pemilih yang datang ke TPS. Begitu juga di daerah perkotaan, pemilih berbondong-bondong menggunakan hak suaranya di TPS.

“KPU Bangkep targetkan angka partisipasi pemilih di pilkada tahun ini 80%. Kita belum bisa pastikan sekarang, tapi kalau saya melihat semoga bisa di atas 70 persen,” kata Samsul. (zal/din)